Berikut Kelemahan MDS-Rapfish

Kelemahan MDS-Rapfish perlu saya kemukakan agar kita bisa memahami lebih dekat analisis yang kita gunakan. MDS-Rapfish banyak dipakai untuk menghitung indeks keberlanjutan dan memperoleh atribut pengungkitnya. Arti indeks keberlanjutan pun bisa diartikan berbagai macam termasuk merangking beberapa fisheries.

Artikel ini berusaha mengkritisi pada bagian atribut pengungkit atau leverage atribut. Perhitungan indeks keberlanjutan saya rasa cukup jelas dan bisa ditelusuri dari perhitungan jarak euclidian distance. Namun tentang atribut pengungkitnya sepertinya ada masalah. Bagi yang belum tau tentang MDS-Rapfish, saya beritahu secara singkat bahwa MDS-Rapfish memiliki 3 output/hasil analisis, yakni nilai indeks keberlanjutan, leverage atribut, dan Monte carlo. Nah, leverage atribut ini merupakan analisis yang bertujuan mencari atribut yang paling berpengaruh terhadap indeks keberlanjutan, diantara semua atribut yang dimasukkan.

Metode pembuktian kelemahan MDS-Rapfish

Langsung saja, kita akan menguji output dari MDS-rapfish dengan beberapa percobaaan, dan nanti kita akan bahas hasilnya.

Pertama, saya setting data dengan sepuluh atribut yang nilainya 10 dengan good = 10 dan bad = 1. Jadi semua atribut nilainya 10, dan hasilnya sudah pasti kita harapkan adalah indeks keberlanjutannya adalah 100 ya kan? berikut hasilnya:

Gambar 1

Saya tidak menjelaskan lagi tentang proses bagaimana menghitung MDS ini karna itu sudah sangat panjang dan sangat lebar saya jelaskan di artikel sebelumnya, silahkan baca part 1, part 2, part 3, dan part 4, dan artikel pendukung lainnya.

Gambar 1 sebelah kiri menunjukkan nilai yang saya setting adalah 10. Artinya semua atribut memiliki peran yang sama. Namun jika kita melihat hasil leveragenya, mengapa bervariasi? mengapa atribut A10 memiliki pengaruh yang lebih kecil dibanding atribut yang lain? Padahal kita setting nilainya sama. Bagaimana Rapfish menentukan bahwa A10 adalah atribut yang paling tidak berpengaruh?

Simpan dulu pertanyaan tersebut, kita lanjutkan percobaan kedua. Percobaan kedua ini saya akan menukar A10 dengan A1. Posisi A1 menjadi A10 dan A10 menjadi A1. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Gambar 2

Gambar 2 ini saya ingin memastikan kesalahan dari Rapfish, dan ternyata terbukti. Nilai Leverage dari A1 dan A10 berubah hanya karena saya mengganti posisi. A1 yang semula memiliki nilai leverage yang tinggi seolah-olah hanya bertukar posisi ketika posisi penginputan ditukar dengan A10.

Jangan berhenti membaca, dan jangan menyimpulkan terlebih dahulu.. Kita akan berangkat ke percobaan ketiga. Percobaan ketiga ini saya akan memberi nilai 1 untuk A1 dan A2, 2 untuk A3 dan A4, 3 untuk A5 dan A6, dan seterusnya. Jadi saya mempersempit atribut yang memiliki nilai sama hanya dua. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah, sekaligus outputnya.

Gambar 3

Perhatikan leverage A1 dan A2. Keduanya adalah atribut yang memiliki nilaiinout yang sama, yakni 1. tetapi A2 menjadi leverage atribut kedua, sedangkan A1 menjadi atribut keempat. Apa yang membedakan keduanya, padahal nilai inputnya sama? seperti percobaan sebelumnya, saya akan menukar posisi antara A1 dan A2. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Gambar 4

Terbukti kembali bahwa penukaran posisi mempengaruhi nilai leverage, tidak mempengaruhi indeks pada nilai input yang sama. Gambar 4 menunjukkan bahwa A1 mengalami kenaikan rangking leverage atribut ke posisi dua, sementara A2 turun ke posisi 4 (bertukar posisi).

bagaimana dengan nilai input yang berbeda? kita kembali ke gambar 3, kita akan menukarkan dua nilai yang berbeda. terlihat bahwa dalam leverage tersebut yang terkecil adalah A6 dan A5. keduanya akan ditukarkan dengan A1 dan A10. A1 ditukarkan dengan A5, A6 ditukarkan dengan A10. penukaran posisi di input tentu tidak mempengaruhi nilai setiap input atribut, hanya posisi yang ditukar.

Gambar 5

Hasilnya pada gambar 5 terlihat sangat berbeda dengan gambar sebelum perpindahan (gambar 3), padahal nilai inputnya sama hanya posisi yang berubah. bahkan nilai leverage tertinggi yang semula dipegang A9, sekarang dimiliki oleh A1. untuk melihat lebih spesifik perubahan-perubahan pada leverage, saya buatkan tabel sebagai berikut:

tabel diatas membuktikan adanya pertukaran leverage atribut ketika posisi atribut di tukar (resume gambar 3 dan gambar 5), tampak pada atribut yang memiliki nilai input yang sama mengalami perubahan nilai leverage dan peringkat leverage.

Pembahasan

Atribut leverage pada MDS-Rapfish memperhitung kemampuan atribut dalam meningkatkan nilai indeks hanya dengan pendekatan euclidian distance dengan empat patokan, yakni good, bad, up dan down, yang dalam hal ini sudah disusun dalam susunan anchor. Hal ini menimbulkan posisi atribut akan sedikit menguntungkan atau merugikan terutama pada nilai input yang sama.

Terbukti pada gambar 1, dengan nilai input yang semua sama (nilai 10), memiliki nilai leverage yang berbeda-beda. Bahkan ketidakakuratan nilai input ini juga mempengaruhi kualitas nilai indeks karena memiliki selisih dengan montecarlo lebih besar dari 1.

Pada kondisi montecarlo yang memenuhi syarat (gambar 3) pun, inkonsistensi hasil leverage terjadi, terutama pada atribut yang memiliki nilai sama. Ketika ditukar posisi, maka urutan rangking akan menjadi berubah.

Seperti yang diceritakan sebelumnya, MDS-Rapfish hanya menghitung nilai berdasarkan kedekatannya dengan nilai centernya. leverage MDS rapfish tidak menganalisis hubungan antar atribut, apakah atribut tersebut mempengaruhi satu sama lain seperti analisis strategi lainnya ( ppa, micmac analysis).

Bayangkan jika nilai yang sama itu adalah indikator yang benar benar berbeda, seperti pembelian pupuk dan produkivitas. saya tidak kuatir dengan pembahasannya karena peneliti pasti bisa menerangkan mengapa atribut A menjadi atribut kunci sedangkan atribut B tidak. Tetapi pada level strategi tentu terkesan dipaksakan jika atribut yang bersifat output variabel ternyata lebih “berperan” dibandingkan atribut yang memiliki sifat “input variabel” (baca penjelasan analisis micmac).

lalu apa solusinya? simak videonya di youtube ya….

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *