Melakukan strategi bagi para pelaku bisnis merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki. Sebagai pemimpin suatu usaha, bisnis tanpa strategi akan mengalami kemunduran di share market yang pada akhirnya akan menyebabkan kerugian secara finansial. Bukan tidak mungkin usaha yang awalnya sangat maju dan ramai, tiba tiba mendadak gulung tikar.

Sudah banyak contoh yang bisa diutarakan karena manajemen salah strategi. Salah satu contohnya adalah boeing vs air bus pada industri penerbangan. Boeing merupakan pemilik share market pesawat terbesar pada tahun 2004. Namun, secara perlahan share market ini terus berkurang karena tidak bisa mengimbangi pesaingnya, air bus yang melakukan strategi pembuatan pesawat dengan kapasitas yang besar, sekitar 380 orang perpenumpang. Airbus saat itu telah memprediksi bahwa bepergian menggunakan pesawat akan menjadi kebutuhan sehingga terjadi peningkatan.

Contoh lain adalah bagaimana nokia yang penguasa telepon seluler dimasanya, tiba tiba menghilang saat handphone mulai beralih ke smartphone. Nokia tidak cukup cepat menangkap peluang dan strategi sehingga harus kehilangan pelanggan yang sebenarnya sudah loyal terhadap brand nokia.

Contoh yang jelas dekat terjadi di tahun 2020 dan 2021 yaitu kondisi pandemi covid-19 dengan penutupan beberapa mall ternama karena tidak mampu mengimbangi biaya operasional dan gaji karyawan. Selain covid yang membatasi ruang gerak masyarakat, pasar online juga sedang gencar gencarnya tumbuh di Indonesia. Strategi pasar konvensional tidak cukup efektif menarik pembeli untuk tetap pergi ke pusat pusat perbelanjaan.

Dunia blog juga sama dengan dunia usaha lainnya, didalamnya ada persaingan dan menempatkan masing masing ciri khas serta merebut hati para pembaca. Hal ini menjadikan blogger harus mengerti management sehingga yang dilakukannya adalah persaingan yang sehat.

Menjadi blogger harus punya strategi karena pemain blog saat ini bukan hanya orang yang freelance, melainkan blog berita nasional atau perusahaan besar yang memiliki modal banyak juga turut masuk dalam dunia blogger untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

Strategi sendiri memiliki tiga kata kunci yakni goal tujuan, ruang lingkup, dan keunggulan atau ciri khas.

Tentukan tujuan dalam strategi blog

Pada kasus blogger Indonesia, adsense merupakan penyedia iklan yang paling favorit karena memiliki cpc lebih besar dibanding pesaingnya. Karena banyaknya pemilik blog, nyaris mengelola blog ibarat berada di pasar persaingan sempurna dimana pemilik blog hanya menerima harga dan tidak punya bargain posisi terhadap pembentukan harga pemasangan iklan. Namun, dengan banyaknya kompetitor kita harus melakukan sedikit management untuk bisa lebih unggul dibandingkan dengan yang lain.

salah satu management yang perlu dipikirkan adalah goal atau tujuan dari pembuatan blog seperti apa. Goal yang dimaksud disini bukan hanya sekedar “menjadi penayang adsense, atau menjadi full blogger”, melainkan jika blog anda dibicarakan oleh orang lain, ingin seperti apa orang lain tersebut membahas blog anda.

Ini merupakan sedikit kunci mengapa banyak sekali blog yang bertemakan penulisan blog, tapi hanya sedikit blogger yang bisa dikenal baik karena kontennya sangat mudah dipahami dan dimengerti. Banyak juga contoh tentang metode penelitian yang ditulis tapi hanya copy paste dari makalah yang pernah dibuatnya dalam bentuk laporan. Alhasil pembacadisuguhi laporan akhir yang kosakatanya sangat baku dan sedikit membosankan. Artinya, pemilik blog tidak memiliki tujuan yang jelas mengapa dia membuat blog.

Goal mirip dengan visi. Jadi sesuatu hal yang bisa diraih dan relevan untuk diwujudkan, seperti “menjadi blog dengan CTR 20 persen di bidang masakan”, “menjadi blog metode penelitian ternama di Indonesia”, “menjadi blog olahraga yang paling informatif”, dan lain-lain.

Tentukan ruang lingkup untuk  mewujudkan tujuan

Dalam menentukan visi atau tujuan, terkadang perlu penjelasan  lebih detil tentang ruang lingkup. Artinya, kita perlu memilih bagian mana dari frame visi yang sudah kita tetapkan untuk fokus dan menjadi page one disana. Contohnya, dengan visi menjadi blogger masakan, tentu ruang lingkupnya masih sangat luas. Perlu spesialisasi misalnya masakan tradisional, masakan minangkabau, tetapi jangan terlalu spesialis sehingga tidak mendatangkan traffic.

Sebenarnya ada yang keliru dalam mengartikan niche blog menurut saya pribadi. Misalnya dalam blog masakan minangkabau, bukan berarti kita tidak bisa menulis masakan lain selain niche minangkabau. Dengan visi blog menjadi blog masakan ternama di Indonesia, bisa saja kita menuliskan prkatek memasak dari dasar untuk menarik pembaca umum sehingga traffic tetap; bisa dipertahankan. Sedangkan page one yang disasar atau menjadi target adalah topik  niche yang memang dikhususkan seperti masakan minangkabau tadi. Sehingga niche dan traffic bisa berjalan beriringan.

Sebenarnya hampir sama dengan blog yang membahas metode penulisan ilmiah, tetapi tetap membuat artikel dasar penulisan karena dasar penulisan adalah modal dasar orang menulis entah itu ilmiah ataupun tidak.

Miliki ciri khas agar bisa dikenal banyak orang

Setelah memiliki visi dan ruang lingkup, jadilah diri sendiri. Menjadi diri sendiri akan menimbulkan ciri unik dan bisa menjadi pembeda dengan blogger lain sejenis atau sama niche nya. Itulah sebabnya jangan copy paste dari artikel lain, bahkan parafrase (meniru tapi diubah sedikit bahasanya) pun sebaiknya dihindari. Yang benar adalah, baca artikel lain, prkatekkan, dan ceritakan pengalamanmu saat melakukannya. Tentu akan banyak hal yang berbeda jika dilihat dari sudut pandang anda sendiri.

Jika blog anda ternyata blog berita atau news, tentu banyak hal sesi yang bisa dibahas selain berita yang sudah dibicarakan sebelumnya. Itulah sebabnya saya lebih suka membaca kumparan ketimbang detik (saat artikel ini ditulis) karena terkdang kumparan membahas posisi yang berbeda ketimbang detik, meskipun berita lebih cepat di detik.

Hindari jadi follower karena tidak akan berhasil. Google tidak akan tertipu dengan modifikasi artikel yang anda lakukan. Google tetap akan mengenali artikel mana yang lebih dahulu dipublish, meskipun dari sisi SEO artikel tersebut kalah dibanding followernya, lambat laun artikelnya lah yang akan menduduki peringkat satu page one sementara followernya terus sibuk mengurusi SEO.

Jika strategi ini terus dijalankan secara tekun dan konsisten, lambat dan memang akan lambat tapi pasti, traffic itu akan datang dan terus meningkat perlahan. Jika itu sudah terjadi, anda tidak akan tergantung kepada adsense karena banyak peluang yang akan terbuka selain adsense yang akan menghampiri anda.

Terima Kasih

Peneliti bidang sosial ekonomi pertanian. Pernah bekerja di bidang supply chain. Detil info silahkan kunjungi laman about me.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *