Cara membuat diagram layang Multidimensional Scaling Rapfish

Diagram layang multidimensional scaling Rapfish tidak turut dalam module yang biasa digunakan. Padahal peranan diagram layang dalam menjelaskan tingkat indeks keberlanjutan sangatlah penting.

Sebagai contoh pada gambar 1 terlihat bahwa Sumatera Utara memiliki indeks keberlanjutan hampir dari semua dimensi jika dibandingkan dengan provinsi lain.

diagram layang multidimensional scaling
Gambar 1. Diagram layang pada multidimensional scaling

Selain melihat lebih jelas tentang indeks keberlanjutan dari masing-masing fisheries, kita juga bisa melihat dimensi yang perlu diperbaiki dan perlu ditingkatkan. Pada gambar diatas terlihat bahwa dimensi manajemen memiliki indeks keberlanjutan terendah dibandingkan dimensi yang lain sehingga perlu adanya perbaikan pada dimensi ini.

Diagram layang multidimensional scaling

Sesuai namanya, diagram layang multidimensional scaling merupakan diagram yang berbentuk layang-layang, menggabungkan indeks keberlajutan menjadi sebuah radar. Pada diagram tersebut luas penampang yang dihasilkan sebuah fisheries, menghubungkan semua dimensi, menunjukkan indeks keberlanjutan secara keseluruhan. Fisheries yang memiliki daerah terluas merupakan fisheries yang memiliki indeks keberlanjutan yang tinggi, seperti contoh di atas; Sumatera Utara.

Jika kita memiliki jumlah fisheries yang banyak, melebihi 10 misalnya, tentu akan merepotkan jika gambarnya menumpuk dalam diagram tersebut. Salah satu trik mudahnya adalah menghitung luas penampang atau daerahnya. Jika dimensinya berjumlah 3, maka daerah yang akan terbentuk berbentuk segitiga, sehingga kita gunakan rumus luas segitiga seperti yang pernah saya gunakan dalam artikel prosiding indeks sdm pertanian indonesia. Kesemua nilai luas tersebut selanjutnya kita rank atau diurutkan dari luas terbesar ke luas terkecil.

Cara membuat diagram layang multidimensional scaling

Kita bisa memanfaatkan fitur chart pada excel untuk membuat diagram layang. Sebelumnya kita menyusun data nilai keberlanjutan beserta dimensinya seperti berikut:

Kemudian kita pilih semua data tersebut, kemudian kita pilih tab insert, dan pilih more line chart pada ikon chart.

cara membuat diagram layang MDS rapfish

Pilih chart yang bernama radar klik OK

membuat diagram layang rapfish

Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan chart seperti jenis huruf, setting axis, layout chart, legend chart seperti biasanya kita mengatur chart di excel.

Untuk lebih jelasnya secara teknis, bisa simak video singkat di bawah ini:

Next Post

No more post

Peneliti bidang sosial ekonomi pertanian. Pernah bekerja di bidang supply chain. Detil info silahkan kunjungi laman about me.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.