Menu Minitab Melihat Nilai R Squared Semua Kombinasi

R squared sepertinya menjadi indikator wajib dalam mengolah data regresi. Hal ini karena R squared merupakan nilai yang mencerminkan kemampuan sebuah model bisa memproyeksikan dengan tepat nilai Y. Jika nilai R squarednya baik, maka model bisa digunakan karena variabel variabel independen yang ada di dalamnya sudah tepat untuk memproyeksikan nilai Y.

Nilai r squared ini bergantung kepada jumlah dan jenis variabel didalamnya. Hingga terkadang peneliti melakukan berbagai kombinasi variabel independen untuk menentukan nilai r squared terbaik. Misalnya ada 10 variabel independen tetapi ingin menggunakan 5 variabel terbaik saja. Maka yang dilakukan adalah membuat kombinasi kombinasi kemungkinan manakah 5 variabel yang tepat dapat memberikan r squared terbaik.

Alih alih anda melakukan running satu persatu kombinasi yang membuat lama, ternyata minitab sudah membuatkan menu yang memudahkan peneliti untuk melakukan kombinasi tersebut. Sebenarnya melakukan running satu persatu pun tidak begitu lama dibandingkan menghitung manual bukan? Tapi terkadang kita malas mencatat berapa r squared hasil kombinasi sehingga justru lupa dan waktu habis digunakan hanya untuk mengulang ulang kombinasi tersebut.

Menu tersebut adalah  stat – regression- regression – best subset, seperti yang tercantum dibawah ini:

Isikan response atau variabel dependen atau variabel Y. kemudian isikan free predictors yang merupakan variabel independen/ variabel x. kemudian pada kolom predictor in all models isikan dengan variabel yang wajib ada didalam model atau tidak boleh dihilangkan. Variabel ini diisi dengan variabel yang anda sudah yakin pasti signifikan atau memang disengaja karena menyesuaikan dengan topik penelitian.

Hasil yang diperoleh adalah berupa tabel dengan keterangan r squared disetiap kombinasi.

Terlihat bahwa r squared tertinggi terletak pada nilai 58.9 dengan kesemua  variabel independen dimasukkan.

Cukup membantu dan membuat kerja anda semakin lebih mudah. Jika ingin mencari lebih dalam tentang regresi, baik pengertian maupun upaya meningkatkan regresi silahkan klik kategori regresi kemudian temukan r squared disana. Atau anda juga bisa menggunakan tombol pencarian di blog ini (pojok kanan atas).

Terima kasih.

By Agung

Peneliti bidang sosial ekonomi pertanian. Pernah bekerja di bidang supply chain. Detil info silahkan kunjungi laman about me.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *