Peluang menjadi data analyst melalui jalur kuliah di online university

Diposting pada

Pendidikan tingkat lanjut dapat menjadi salah satu fase penting yang berdampak besar bagi pilihan profesi dan peluang kerja. Untungnya, saat ini ada lebih banyak peluang seperti mendaftar di online university atau universitas terbuka yang memungkinkan seseorang menjalani kuliah secara daring. Hal ini tentu memberi peluang baru bagi siapapun yang ingin belajar dan mendapatkan gelar akademis meski sambil bekerja atau menjalani aktivitas kuliah dari lokasi yang jauh. 

Peluang Belajar di Online University dan Kelebihannya

Belajar melalui jalur universitas online bisa jadi merupakan masa depan pendidikan yang ideal. Metode belajar dan kuliah secara daring ini memiliki banyak kelebihan dan mampu menjadi solusi bagi kebutuhan pendidikan untuk semua orang. Ada beberapa kelebihan yang melekat pada konsep dan metode kuliah secara daring di online university.

Fleksibilitas

Kelebihan pertama yang ada pada jalur pendidikan atau kuliah daring adalah fleksibilitas. Metode ini memungkinkan pihak guru atau dosen dan mahasiswa untuk mengatur kecepatan serta beban belajar sesuai dengan kondisi masing – masing. Jadwal yang bisa sangat fleksibel memungkinkan siapapun mengatur waktu agar aktivitas belajar dapat dilakukan.

Situasi tersebut memungkinkan siapapun untuk menjalani dua atau beberapa peran penting sekaligus, seperti bekerja dan belajar. Platform pendidikan secara daring ini memungkinkan seseorang yang sudah bekerja ataupun memiliki tanggung jawab lain untuk tetap mengikuti pendidikan. Metode ini juga akan membiasakan dan melatih keterampilan mengatur waktu untuk mendapatkan keseimbangan waktu dan energi untuk belajar dan tugas – tugas lain.

Banyak Pilihan Jurusan

Kelebihan yang kedua adalah pilihan program atau jurusan yang banyak. Platform kuliah daring melalui universitas terbuka atau universitas daring saat ini menawarkan banyak jurusan dan program yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan ataupun minat mahasiswa. Terdapat program dan jurusan menarik seperti seni, sains hingga teknologi yang bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan sebagai bagian dari pengembangan diri ataupun karir. Banyaknya pilihan program atau strata juga memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih sesuai kebutuhan dan kesempatan yang dimiliki. 

Kemudahan Mengakses Program Pendidikan

Kelebihan yang ketiga ada pada kemudahan dalam mengakses pendidikan. Berbeda dengan pendidikan tinggi di universitas konvensional yang seringkali memiliki batasan umur, universitas online umumnya tidak memiliki batasan – batasan tersebut. Faktor aksesibilitas juga ada pada kemudahan untuk belajar ataupun mengerjakan tugas di mana saja, tanpa ada batasan ruang geografis bagi mahasiswa yang ingin belajar. Hal lain yang juga berkaitan dengan kemudahan dalam mengakses pendidikan dengan platform ini adalah faktor kebutuhan finansial yang lebih murah. 

Semua hal tersebut didukung oleh format kelas virtual yang tidak membutuhkan ruang – ruang kelas secara fisik untuk berkumpul dan melakukan aktivitas belajar mengajar. Mahasiswa dapat mempelajari materi kuliah dan mengerjakan tugas dengan cara – cara yang fleksibel, selama ada koneksi internet dan perangkat untuk mengakses kelas dan tugas maka aktivitas perkuliahan dan belajar mengajar akan bisa digulirkan. Kondisi ini juga memungkinkan seseorang untuk belajar sambil bekerja atau sambil menikmati lingkungan sekitar dan bepergian.

Platform Belajar Sesuai Kebutuhan

Kelebihan keempat yang bisa didapat adalah pengalaman belajar yang sesuai kebutuhan, sehingga menjadi ideal bagi individu – individu yang belajar. Platform daring memungkinkan komunikasi yang lebih intens antara mahasiswa dengan dosen atau tutor. Kemajuan teknologi berupa platform aplikasi belajar juga memungkinkan ruang – ruang diskusi secara virtual yang efektif dan komunikatif.

Berbiaya Lebih Murah

Sedangkan kelebihan yang kelima adalah murah atau memiliki efektivitas finansial yang tinggi. Sehingga selain menghemat waktu, platform pendidikan tinggi secara daring juga menghemat uang. Faktor inilah yang membuat metode ini ideal bagi siapapun yang sudah bekerja atau memiliki tanggung jawab keuangan sehingga tidak memiliki cukup dana untuk kuliah di perguruan tinggi konvensional ataupun harus berhemat sebanyak – banyaknya untuk pengeluaran pendidikan.

Itulah lima kelebihan utama yang bisa menjadi alasan logis untuk memilih belajar di online university, alih – alih belajar di perguruan tinggi konvensional. Peluang belajar dan mengembangkan diri semakin terbuka bagi profesional serta lulusan sekolah menengah melalui media kuliah daring di universitas terbuka atau universitas online.

Belajar Menjadi Data Analyst Melalui Program Kuliah Online

Ada begitu banyak jurusan dan program yang dapat dipilih untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan diri melalui platform kuliah daring. Salah satu program yang menarik dan memiliki potensi profesional yang menarik adalah belajar untuk menjadi data analyst atau analis data. Kebutuhan untuk melakukan pendekatan – pendekatan digital di berbagai bidang menjadikan munculnya profesi – profesi baru di ranah digital. Analis data sebagai salah satu profesi yang banyak dibutuhkan dengan berkembangnya pendekatan digital di berbagai bidang. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk beragam tujuan, mulai dari kepentingan bisnis, pembuatan kebijakan hingga keamanan data online.

Data analyst merupakan profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan analisis serta riset data. Praktek ini dilakukan dengan menggunakan tools atau perangkat serta metode tertentu. Dari sudut pandang bisnis, analisis data menjadi kebutuhan untuk merancang strategi pemasaran hingga pada saat melakukan riset pengembangan produk. 

Kemudahan dalam mengakses beragam data memungkinkan data tersebut dimanfaatkan untuk beragam tujuan. Kebutuhan bisnis modern akan informasi selera masyarakat, perilaku serta tren dapat diperoleh melalui analisis data yang didapat dari berbagai sumber. Pada bagian inilah tugas analis data dibutuhkan untuk mendapatkan informasi akurat mengenai beragam hal terkait selera, perilaku serta tren di masyarakat berdasar data yang dimiliki.

Analis data juga dibutuhkan dalam dunia akademik dan penelitian. Keterampilan melakukan analisis data bisa sangat memudahkan sebuah riset. Ada beragam informasi yang bisa disarikan melalui metode – metode analisis data. Hal ini bisa membuat sebuah penelitian mampu menghasilkan banyak keluaran yang akurat dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini membuka peluang bagi peneliti untuk belajar juga menjadi analis data. Karena alih – alih menggunakan jasa analisa data dari luar, kemampuan menjadi analis data justru bisa meningkatkan nilai seorang peneliti sehingga memiliki kelebihan dari peneliti – peneliti yang lain.

Dalam bekerja, analis data akan bekerja bersama dengan ilmuwan data atau data scientist. Keduanya memiliki ruang bekerja yang berbeda dan saling berkaitan. Data scientist akan bekerja melakukan identifikasi, perencanaan serta pengawasan terkait pengelolaan data. Sedangkan data analyst akan bekerja melakukan analisis dan bertanggung jawab untuk melakukan visualisasi atau tampilan daya akan lebih mudah dimanfaatkan untuk mendukung pembuatan kebijakan.

Ragam Keterampilan dan Kemampuan Dasar Dalam Analisis Data

Analis data memiliki beberapa tanggung jawab utama seperti melakukan ekstraksi data primer dan sekunder menggunakan beragam tools atau perangkat analisis. Selain itu juga ada tugas untuk mengembangkan serta memelihara basis data yang berisi data primer dan sekunder yang dimiliki. 

Tugas – tugas utama lain meliputi proses analisis data dengan beragam tujuan sesuai kebutuhan penggunaan data yang dimiliki. Tugas ini kemudian ditampilkan dalam format laporan hasil analisis data yang mudah dipahami dan digunakan untuk beragam tujuan. Keterampilan dan dasar pengetahuan untuk melaksanakan tugas – tugas tersebut merupakan bagian dari kurikulum di program analis data yang bisa diikuti melalui online university atau kuliah online.

Untuk memenuhi tugas dan tujuan tersebut, analis data harus memiliki beberapa kemampuan dasar utama berupa mengoperasikan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengolah data serta menguasai bahasa pemrograman. Ada beberapa perangkat lunak yang umum digunakan dalam praktek analisis data seperti Microsoft Excel untuk mengumpulkan data dalam struktur yang baik, R dan Phyton untuk melakukan analisis data serta SQL sebagai perangkat lunak basis data untuk kebutuhan menyimpan data.

Setelah proses pengumpulan dan analisis data dilakukan, maka data analis harus mampu membuat visualisasi data. Tugas ini merupakan salah satu tugas penting karena sekumpulan data yang sudah diolah akan diterjemahkan menjadi informasi yang lebih mudah dipahami oleh pengguna data tersebut. Informasi inilah yang nantinya digunakan untuk mempermudah dan mendukung pembuatan keputusan – keputusan. Tugas melakukan visualisasi data ini umumnya menggunakan tools berupa Cognos, Tableau ataupun SAS.

Keterampilan lain yang menjadi kebutuhan analis data adalah machine learning dan data warehousing. Machine learning menjadi kebutuhan untuk menyesuaikan beragam algoritma mesin pencari ataupun media lain yang digunakan untuk mengumpulkan data secara online. Sedangkan data warehousing merupakan keterampilan untuk menyimpan dan mengelola data yang didapat agar aman dan mudah untuk digunakan.

Sedangkan keterampilan ilmu dasar yang menjadi kebutuhan sebagai analis data adalah matematika, khususnya statistika. Proses analisis data umumnya menggunakan rumus atau perhitungan statistika dalam melakukan interpretasi angka dan data menjadi informasi yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Karena alasan inilah ada kebutuhan kemampuan riset dan analisis yang tajam bagi seorang analis data.

Selain itu ada pula soft skill yang akan dipelajari selama proses belajar menjadi analis data. Ketrampilan – ketrampilan ini penting untuk melengkapi kemampuan dasar dan keterampilan dalam bekerja terkait data dan keluaran yang dihasilkannya. Beberapa soft skill penting bagi data analis yang juga akan dipelajari adalah kemampuan komunikasi, negosiasi dan presentasi. 

Seorang analis data juga harus mampu berpikir kritis dalam menganalisa masalah dan mencari solusi. Hal lain yang juga akan dipelajari adalah manajemen proyek, keterampilan untuk memperhatikan detail hingga kemampuan berpikir logis menggunakan beragam metode.

Keseluruhan hard skill dan soft skill tersebut merupakan keterampilan dan pengetahuan yang akan menjadi bagian dari kurikulum belajar sebagai data analyst. Kemajuan teknologi dan metode belajar yang semakin efektif memungkinkan semuanya dipelajari melalui platform daring atau secara online. Hal inilah yang memungkinkan siapapun untuk mengambil program belajar atau course menjadi analis data secara daring.

Analis data merupakan salah satu program kuliah yang bisa sangat berguna bagi siapapun yang ingin meningkatkan kualitas diri secara profesional. Program tersebut juga bisa menjadi alternatif pilihan karir yang menarik dan memiliki prospek bagus bagi siapapun yang mungkin belum menemukan panggilan atau cita – cita pilihan profesi.

Universitas online membuka peluang bagi siapapun untuk belajar dan menjadi analis data. Kesempatan ini terbuka bagi siapapun berkat fleksibilitas yang ditawarkan oleh metode belajar atau kuliah secara daring. Fleksibilitas pengelolaan waktu dan beban belajar hingga kebutuhan biaya yang terjangkau memungkinkan siapapun untuk menjadi data analyst melalui jalur belajar online university.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *