Categories: sibimbo

[Video] : Bagian 2. Cara Menjelaskan Tabel atau Grafik dalam Karya Tulis Ilmiah

Advertisement

Tabel dalam karya tulis ilmiah memiliki peranan yang penting. Tabel merupakan sumber data yang dibahas dalam artikel ilmiah tersebut. Biasanya narasi tulisan sebelum atau sesudah tabel menjelaskan isi dari tabel.

Tabel atau grafik merupakan informasi yang bersifat visual sehingga pembaca akan segera menangkap informasi yang di dalam tabel atau grafik ketimbang membaca isi seluruh text. Bahkan, sebagian orang cukup membaca tabel untuk mengetahui arah dari penulisan karya ilmiah tersebut.

Karena grafik atau tabel memiliki fungsi yang sama dengan text narasi yang ditulis, maka perlu strategi agar tidak terjadi tumpang tindih atau double informasi antara tabel dengan narasi itu sendiri.

Mari simak tips singkat bagaimana menjelaskan tabel atau grafik dalam penulisan karya ilmiah sebagai berikut:

Nah, sekarang silahkan buat beberapa paragraf untuk menjelaskan gambar dan tabel di bawah ini:

Perlu diperhatikan data data dalam tabel adalah amunisi kita dalam menyajikan sebuah karya tulis ilmiah. Sebaiknya kita tidak meyajikan data sekaligus dalam satu view. Hal ini akan menyulitkan kita melakukan pembahasan. Jadi tampilkan data secara berurutan dan sajikan pembahasan dengan literatur yang menguatkan. Jika kita bisa menyajikan secara berurutan dan teratur (keluarkan data paling penting dalam klimaks karya tulis) maka pembaca akan menikmati secara utuh ide dan argumen yang disajikan oleh penulis.

Sekarang, coba perhatikan data yang dikeluarkan oleh BPS ataupun instansi pengumpul data (produksi, perdagangan, inflasi, dll). Di sana terdapat banyak sekali ide yang bisa anda kembangkan untuk menjadi salah satu karya tulis ilmiah.

Ingat, bahwa menulis adalah suatu kemampuan yang perlu diasah. Semua orang mungkin tau tentang cara menulis A sampai Z, tapi sedikit yang bisa mengolahnya menjadi sebuah buku. Semua orang mungkin tau tentang rumus rumus excell dalam perhitungan MS office, tapi sedikit diantara mereka yang bisa membuat database sistem atau analyzed tools. Banyak orang mungkin membaca dan menonton video ini, tapi sedikit sekali yang bisa menerapkan dan mengkonversi data sekunder menjadi sebuah karya tulis ilmiah.

Selamat Belajar!

Share

Recent Posts

Cerita di balik Buku Menakar Daya Saing

Ini adalah buku kedua sepanjang karir saya menjadi peneliti. Spesial sih enggak terlalu karena buku…

1 month ago

Memetik ide karya tulis ilmiah dalam perkebunan tugas rutinitas

Menulis KTI mengenal istilah novelty, yang artinya kurang lebih adalah kebaruan. Karya Tulis Ilmiah yang…

3 months ago

Mengapa menggunakan uji Duncan?

Berbicara tentang rancangan percobaan pada ral dan rak , biasanya dikenal dengan istilah analisis Anova…

7 months ago

Mencari Nilai Optimum dalam Rancangan Percobaan

Setiap rancangan percobaan baik Ral ataupun Rak biasanya memberikan berbagai alternatif perlakuan terhadap respons-nya. Misalnya…

7 months ago

Kursus Online di Catatan Budi

Hampir sekitar 3 bulan mulai vacuum di blog ini. Vacuum dalam arti hampir belum ada…

7 months ago

Tips dan Cara Mencari Kampus Terbaik Luar Negeri

Kamu baru saja menerima tanda kelulusan dari tempatmu sekolah? Kamu memutuskan untuk masuk ke salah…

8 months ago

This website uses cookies.