Tips Menjadi Mahasiswa Aktif Dengan IPK Tinggi

Menjadi seorang mahasiswa, kamu mungkin akan sibukkan oleh berbagai kegiatan harian. Mulai dari kuliah, belajar kelompok, mengerjakan tugas pribadi, hingga bergabung dengan organisasi kampus yang dapat menyita banyak waktu kamu. Belum lagi, kamu adalah salah satu mahasiswa aktif yang harus menghadiri serangkaian acara pada organisasi luar kampus.

Mengikuti ragam kegiatan luar kampus, seperti organisasi atau bahkan bekerja. Tentu saja dapat mengganggu waktu belajar kamu yang nantinya akan berdampak terhadap prestasi atau nilai kamu. Untuk itu, kamu mesti pandai pandai mengatur waktu dengan baik agar proses belajar tidak terganggu dengan kegiatan luar lainnya.

Menjadi Mahasiswa Aktif Dengan IPK Tinggi

Nah, di bawah ini terdapat beberapa tisp sederhana bagaimana cara menjadi mahasiswa aktif tanpa mengganggu kuliah dan tetap bisa memperoleh IPK tinggi !

Hindari Bergabung Dalam Organisasi Terlalu Banyak

Tips pertama agar kamu bisa menjadi mahasiswa aktif tanpa mengganggu kuliah ialah menghindari sebisa mungkin untuk bergabung ke dalam organisasi dengan jumlah terlalu banyak. Umumnya, setiap organisasi akan sering mengadakan rapat atau pun pertemuan untuk merancang sebuah acara hingga kegiatan tertentu. Coba bayangkan jika kamu menjadi anggota dari 4 sampai 5 organisasi sekaligus. Pasti kamu akan cenderung sulit untuk mengatur waktu.            

Atur Waktu Sebaik Mungkin

Pepatah mengatakan “waktu bagaikan pedang yang sewaktu waktu bisa membunuhmu”. Jika kamu tidak pandai mengatur waktu dan asyik dengan seluruh kegiatan di luar kampus. Maka, jangan salahkan siapa siapa apabila IPK kamu menurun pada semester tertentu. Menjadi mahasiswa aktif dan mengerjakan banyak aktivitas setiap harinya dengan IPK tertinggi bisa kamu lakukan. Asalkan, kamu pintar dan bisa lebih bijak dalam mengendalikan waktu milikmu.

Waktu selama 24 jam sepertinya tidak akan cukup kalau kamu menggunakannya tidak sempurna. Akan tetapi, jika kamu pandai memanfaatkan dan menggunakan waktu, kamu berapa pun organisasi yang kamu ikuti tidak dapat mengganggu kuliah dan IKP kamu.  

Hindari Mengikuti Kegiatan di Malam Hari

Bagi seorang mahasiswa, istirahat adalah suatu hal yang sangat diperlukan dan cukup dibutuhkan. Kamu memerlukan tenaga yang cukup agar bisa beraktivitas di siang hari dan menerima semua ilmu yang diberikan oleh dosen kamu. Oleh karena itu, hindarilah mengikuti acara atau pun kegiatan di malam hari yang dapat mengganggu istirahat kamu, terlebih jika aktivitas tersebut mengharuskan kamu pulang dini hari. 

Pilih Organisasi Yang Dapat Menumbuhkan Jiwa Akademik Kamu

Tips selanjutnya ialah, memilih organisasi yang dapat membantu menumbuhkan jiwa akademik pada diri kamu. Biasanya, jenis organisasi ini terdapat di dalam kawasan kampus. Maka, wadah ini bisa kamu manfaatkan untuk menonjolkan diri kamu sebagai mahasiswa aktif, kreatif dan ber IPK tinggi.

Bagaimana? Apakah kamu bisa memantaskan diri sebagai mahasiswa aktif berprestasi tinggi? 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *