Kursus Online di Catatan Budi

Posted on

Hampir sekitar 3 bulan mulai vacuum di blog ini. Vacuum dalam arti hampir belum ada artikel baru tentang statistik. Sedangkan komunikasi dan bimbingan masih terus berjalan.

Permasalahan muncul saat bimbingan yang sedang ramai tersebut ternyata berbenturan dengan tugas fungsional dikantor. Terkadang saat melakukan dinas ke luar kota, terpaksa malamnya harus membuka laptop untuk membimbing langkah dan cara peserta untuk menyelesaikan datanya.

Ribet? memang. Oleh sebab itu, terpikir untuk membuat tutorial dalam bentuk video yang bisa diakses orang dan bisa belajar dari video tersebut. Maksudnya youtube? Youtube memang sangat bermanfaat. Saya pernah mengupload satu rahasia tentang regresi tentang R squared dan respon memang luar biasa.

Namun, orang yang melihat di youtube tidak bisa dipastikan apakah benar benar mengerti dan menggunakan video tersebut sesuai dengan pesan yang ada di sana. Karena video yang saya share tidak main – main. Orang bisa terpeleset memanipulasi data jika tidak memahami dengan benar.

Itu masih poin pertama. Point kedua adalah kebanyakan dosen/mahasiswa/peneliti yang menghubungi untuk mengikuti bimbingan statistik adalah orang yang datanya mempunyai “penyakit akut” dengan permintaan yang diluar batas data tersebut. Kebanyakan saya beri saran untuk mengulang data.

Itulah sebabnya saya sepertinya tidak memilih youtube sebagai saluran video. Melainkan menggunakan akun member premium yang dapat mengakses video tutorial tersebut dan saya bisa mengontrol bagaimana progress masing – masing peserta sehingga saya bisa memastikan mereka dapat memahami seutuhnya.

kursus online multidimensional scaling
Multidimensional scaling dalam video tutorial

Saat artikel ini saya tulis, materi MDS atau multidimensional scaling adalah materi pertama yang dipilih untuk dikonversi menjadi video tutorial. Perlahan namun pasti, satu persatu materi disini akan menyusul.

Selamat Belajar!

Gravatar Image
Peneliti bidang sosial ekonomi pertanian. Pernah bekerja di bidang supply chain. Detil info silahkan kunjungi laman about me.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *