Categories: Pekarangan

Keuntungan Vertiminaponik

Advertisement
Melanjutkan posting beberapa bulan yang lalu mengenai cara pembuatan vertiminaponik, disini saya akan menjelaskan beberapa keuntungan vertiminaponik. Beberapa keuntungan yang dapat dicapai dari vertiminaponik ini adalah :
  • Memperoleh hasil ikan dan sayuran sekaligus. Dalam hal ini, kita memiliki pekarangan yang bisa swasembada sayuran dan protein dalam skala rumah tangga. Jika ingin menyeduh mie instan dengan campuran daun kangkung atau sawi, kita hanya perlu berjalan keluar rumah dan memetik sayur yang kita inginkan. Tentunya sayur ini segar karna langsung dipetik dan pastinya bersih karena kita tau kondisi pekarangan kita sendiri. Begitupun dengan lauknya. Ikan lele, bawal, nila. Pilihan yang menarik untuk dimasak dengan kondisi masih segar.
  • Hemat tempat. Tak perlu menyewa lahan berhektar-hektar untuk menanam kangkung. Apalagi kondisi Jakarta yang makin lama makin sempit, tentunya inovasi seperti ini sangat dan sangat diperlukan. Dalam satu tabung bisa menghasilkan produk pangan yang tidak kalah gizinya dengan yang lainnya
  • Terjamin Organik. Sayuran yang hidup tersebut mengkonsumsi kotoran ikan yang berenang dibawahnya. Tentunya kondisi ini menjamin bahwa produk sayuran yang ditanam ini jelas organik. Jika ditambahkan pestisida atau pupuk, tentunya akan mempengaruhi kehidupan ikan yang dipelihara. Jadi, keseimbangan ekosistem mini diperlukan di sistem ini.
  • Tidak perlu menyiram tanaman setiap hari. Air yang dipompa akan terus menerus mengaliri tanaman penghias atau tanaman sayur vertiminaponik ini. Sehingga sistem ini sangat cocok bagi anda yang sedikit sekali memiliki waktu untuk meluangkan dirinya mengurusi tanaman. Apalagi dengan kondisi padatnya Jakarta dan kota-kota besar lainnya membuat manusia semakin terburu-buru menghadapi kendala macetnya di jalanan. Hanya saja, pastikan bahwa pompa air menyala sehingga sirkulasi air dapat terus berjalan
  • Design menarik. Bagi anda yang memiliki hobi mendesign ruangan atau taman, tentunya vertiminapinik ini dapat disulap menjadi design yang lebih menarik lagi. Tidak hanya tangki air dan tanaman kangkung seperti photo yang saya tampilkan. Bisa saja ini vertiminaponik ini menghiasi restoran, rumah makan dengan design yang lebih bagus dan dapat memanjakan mata para konsumen.

 

 

Selain keuntungannya, vertiminaponik juga ada kekurangannya. Kekurangannya terletak pada mahalnya biaya pembuatan. Biaya pembuatan 1 set sederhana saja bisa menghabiskan kira-kira 3 juta. Kemudian media tanam harus diganti secara berkala tergantung tanaman yang digunakan minimal tiga kali penanaman karena vermikompos akan tergerus oleh air yang mengalir. Hal ini membuat adanya biaya penggantian atau perawatan.
Share
    Advertisement

Recent Posts

Cerita di balik Buku Menakar Daya Saing

Ini adalah buku kedua sepanjang karir saya menjadi peneliti. Spesial sih enggak terlalu karena buku…

1 month ago

Memetik ide karya tulis ilmiah dalam perkebunan tugas rutinitas

Menulis KTI mengenal istilah novelty, yang artinya kurang lebih adalah kebaruan. Karya Tulis Ilmiah yang…

3 months ago

Mengapa menggunakan uji Duncan?

Berbicara tentang rancangan percobaan pada ral dan rak , biasanya dikenal dengan istilah analisis Anova…

7 months ago

Mencari Nilai Optimum dalam Rancangan Percobaan

Setiap rancangan percobaan baik Ral ataupun Rak biasanya memberikan berbagai alternatif perlakuan terhadap respons-nya. Misalnya…

7 months ago

Kursus Online di Catatan Budi

Hampir sekitar 3 bulan mulai vacuum di blog ini. Vacuum dalam arti hampir belum ada…

7 months ago

Tips dan Cara Mencari Kampus Terbaik Luar Negeri

Kamu baru saja menerima tanda kelulusan dari tempatmu sekolah? Kamu memutuskan untuk masuk ke salah…

8 months ago

This website uses cookies.