IPB UGM UI dan ITB, Daftar Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2019

IPB UGM UI dan ITB – Beberapa waktu lalu Times Higher Education telah merilis daftar universitas terbaik di dunia. Patut disyukuri dan menjadi kebanggan karena setidaknya ada beberapa perguruan tinggi dalam negeri yang berhasil meraih peringkat dalam daftar tersebut. Daftar PTN yang dimaksudkan ialah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Berikut informasi umum terkait keempat PTN terbaik di dunia yang perlu Anda ketahui.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB merupakan sebuah perguruan tinggi pertanian dalam negeri yang berlokasi di Bogor. Universitas ternama ini diresmikan pada tahun 1963, di mana pada awal peresmiannya masih merupakan fakultas pertanian pada Universitas Indonesia (UI). Saat peresmiannya, presiden Ir. Soekarno merupakan tokoh penting yang melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian IPB sebagai perguruan tinggi mandiri. Saat ini rektor IPB dipimpin oleh Dr. Arif Satria, SP, M.Si untuk periode 2017 hingga 2022. Untuk akreditasinya, IPB telah memperoleh status terakreditasi dengan peringkat A atau sangat baik.

IPB
gedung rektorat IPB

Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM ialah sebuah universitas negeri ternama di tanah air. Universitas ini didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada Desember 1949. UGM sendiri berlokasi di Yogyakarta dan merupakan universitas pertama yang didirikan pemerintah pasca Indonesia meraih kemerdekaan. Pada saat pendiriannya, UGM hanya terdiri dari 6 fakultas hingga kemudian berkembang menjadi 18 fakultas dan sekolah Vokasi dan Pascasarjana. Tidak hanya itu saja, bahkan UGM juga telah memiliki lebih dari 100 program studi untuk S2, S3 dan spesialis. Tidak mengherankan jika PTN yang menunjukkan perkembangan secara signifikan ini berhasil masuk dalam daftar universitas terbaik se-Asia Pasifik bahkan dunia.

Universitas Indonesia (UI)

Tidak mau ketinggalan, UI juga unjuk gigi dengan mempertahankan prestasinya di kancah internasional. Universitas yang terletak di bagian Utara Depok ini menjadi salah satu universitas Indonesia terbaik di dunia untuk pemilihan tahun 2019. UI sendiri merupakan universitas ternama yang berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta Selatan. Universitas ini diklaim sebagai universitas modern, terbuka, komprehensif, multibudaya dan humanis mencakup disiplin ilmu yang sangat luas. Bersamaan dengan UGM, IPB dan ITB, UI juga masuk dalam salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Menjadi kebanggaan tersendiri jika berhasil menjadi salah satu mahasiswa atau sarjana dari UI.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB merupakan sebuah perguruan tinggi yang berkedudukan di Bandung. Nama ITB sendiri mulai diresmikan pada 2 Maret 1959 yang memiliki 27 program studi dan telah terakreditasi secara internasional. Meskipun setiap institusi pendidikan tinggi mengawali perkembangan ITB dengan karakteristiknya masing-masing, semuanya bersatu dalam memberikan pengaruh positif untuk perkembangan ITB menjadi yang terbaik. Saat ini rektor ITB ialah Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA yang mengemban jabatan untuk periode 2015 sampai 2020. Itulah informasi singkat seputar IPB UGM UI dan ITB, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda ya!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *