Bimbingan Statistik (BimStat)

Meskipun sudah dijelaskan dengan mendetil, kami terkadang masih menjumpai beberapa pertanyaan yang sifatnya teknis dari beberapa artikel statistik. Berdasarkan latar belakang tersebut, kami berinisiasi untuk membuka bimbingan statistik agar pertanyaan – pertanyaan dari pengunjung dapat terorganisir dan menghasilkan solusi yang baik untuk setiap kendala yang dihadapi oleh mahasiswa khususnya.

Bimbingan Statistik

Perlu dijelaskan bahwa bimbingan statistik berbeda dengan jasa pengolahan data. Program bimbingan statistik lebih menekankan kepada diskusi statistik untuk memecahkan persoalan yang dihadapi, sehingga partisipasi peserta sangat berperan, terlebih lagi jika kendala yang dihadapi cukup kompleks. Sedangkan jasa pengolahan data lebih menekankan kepada hasil olah data. Meskipun memiliki orientasi yang sama yakni hasil statistik, kami berharap peserta dapat mengambil pelajaran dari proses analisis data.

Adapun hal lain yang terkait bimbingan statistik adalah :

  1. Alat statistik yang ditawarkan seputar alat analisis yang telah dijelaskan di website belajar menulis, yakni: regresi, time series/peramalan bisnis, multidimensional scaling, Analitical Hierarchy Process, linear programming, Analisis Usahatani, dan Policy Analisis Matrix. Jika anda ingin berdiskusi dengan topik lain, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu dengan mengisi form: Hub kami
  2. Program ini diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai data untuk diolah, bukan mahasiswa atau perorangan yang hanya ingin belajar tentang teori statistik. Karena materi tentang alat analisis tersebut sudah secara gamblang kami jelaskan di blog kami
  3. Jumlah peserta dan waktu pendaftaran kami batasi. Hal ini disebabkan karena keterbatasan personil dan waktu. Biasanya jumlah peserta kami batasi 20 orang, dengan pendaftaran kurang lebih dua  minggu. Jika kuota sudah cukup sebelum batas waktu yang ditentukan, maka pendaftaran akan ditutup.
  4. Bimbingan bersifat diskusi personal antara peserta dan admin melalui email, sehingga tidak ada interaksi antar peserta dan identitas peserta tetap terjaga. 
  5. Biaya kepesertaan bagi mahasiswa  : Rp. 100.000, dan Peneliti atau umum: Rp. 200.000. Tidak ada proses untuk pembuktian mahasiswa atau peneliti dalam proses pendaftaran, namun biasanya kami dapat membedakan data mahasiswa dan data peneliti.
  6. Biaya tersebut untuk mengganti waktu yang sudah digunakan untuk menganalisis data dan menjawab pertanyaan dari peserta. Tidak ada pengembalian dana jika data yang dimiliki ternyata tidak mampu menghasilkan output yang diharapkan.
  7. Program dimulai saat anda mendaftar, tidak menunggu pendaftaran tutup.

Langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk bergabung dalam bimbingan statistik adalah:

Terima kasih