Pentingnya Membangun Relasi Mahasiswa

Posted on

Biasanya mahasiswa dibagi ke dalam 2 tipe, ada yang termasuk kategori kupu-kupu atau kuliah-pulang-kuliah-pulang, dan ada juga mahasiswa yang sibuk dengan segudang aktivitas lainnya di luar jam kuliah. Untuk itu, jika anda termasuk sebagai mahasiswa kupu-kupu, bisa jadi anda akan kesulitan untuk mendapatkan relasi karena terbatasnya pergaulan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk membangun relasi mahasiswa.

Memang sangat melelahkan mengikuti kegiatan A, B, hingga C. Namun dibalik itu semua anda akan mendapatkan segudang keuntungan

Ketika anda memiliki waktu yang fleksibel, tentunya akan membuat anda memiliki banyak kesempatan dalam mengikuti berbagai aktivitas lainnya di luar perkuliahan. Sebaiknya ambillah, jangan disia-siakan. Mumpung masih muda, maka haruslah dengan ilmu dan pengalaman. Belajar kepemimpinan, menyelesaikan masalah, bersosialisasi, bekerja dalam tim, dan melakukan hal positif lainnya yang memang tidak diajarkan dalam perkuliahan. Anda tidak akan menyangka ketika suatu hari nanti pengalaman ini akan sangat berguna, lho! 

Bisa saja teman yang anda temui ketika berorganisasi akan menjadi partner bisnis anda nantinya

Tidak ada yang dapat meramalkan masa depan. Saat beberapa tahun dari sekarang anda berada di suatu titik di mana ingin sekali mengembangkan bisnis dan sangat membutuhkan partner, maka bisa saja orang yang anda cari ternyata ada di antara teman yang berorganisasi saat ini. Sepertinya, memilihnya menjadi partner bisnis akan banyak membantu, terlebih lagi untuk anda yang mengetahui seperti apa kinerjanya.

Jangan pernah menyepelekan kerja part time di sebuah kafe

Banyak orang yang menyepelekan pekerjaan part time di sebuah kafe. Karena mereka menganggap jika pekerjaan ini tidak berkelas karena penghasilannya yang tak seberapa. Jika anda ingin sekali berkembang, justru anda harus memulainya dari bawah. Anda perlu menyadari jika pekerjaan sebagai pelayan ini bukanlah pekerjaan rendahan atau yang sia-sia. Justru disinilah anda akan belajar banyak hal, dari mulai customer service, hingga mengenal karakter pelanggan. Belum lagi akan ada banyak teman hingga relasi yang bisa anda peroleh, pastinya networking akan semakin luas, bukan? Jangan terkejut jika suatu saat nanti anda akan memperoleh informasi lowongan pekerjaan dari relasi ketika bekerja di kafe dulu. 

Sibuk dengan kegiatan di luar kuliah akan menuntun anda untuk pintar dalam membagi waktu

Pada dasarnya, tujuan utama ketika pertama kali anda menyandang status mahasiswa adalah untuk mencari ilmu. Walaupun tak dapat dipungkiri jika aktif berorganisasi serta melakukan aktivitas di luar kampus juga memiliki keuntungan tersendiri, namun jangan sampai anda melalaikan kuliah. Karena percuma saja jika anda ingin membangun relasi mahasiswa, namun kuliah malah terbengkalai. Nah, disinilah anda dituntut agar pintar membagi waktu antara kegiatan di luar kampus dan kuliah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *