Tips Debat Dalam Kelas Yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Kegiatan berdebat yang dilakukan di dalam kelas ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan penguasaan emosi, hingga meningkatkan kemampuan bekerja saja. Namun sebelumnya, ada beberapa tips debat dalam kelas yang perlu anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Penguasaan diri

Biasanya dalam debat tensi dan ritme debat akan memanas. Disinilah perlu adanya penguasaan diri. Saat anda memiliki penguasaan diri, maka anda akan menjadi terkontrol, tidak keluar dari jalur permainan yang telah disepakati sebelumnya. Jangan sampai anda terpancing dengan permainan yang dibawa oleh lawan. Sebenarnya dalam debat sah-sah saja jika anda emosional, tapi ingat harus terkendali. Untuk menguasai diri, maka perhatikanlah permainan lawan, setelah itu pergunakan strategi anda dan teman-teman dalam satu anggota. Tetaplah konsisten dengan argumentasi yang kalian miliki, karena pada akhirnya pancingan dari lawan dapat merusak argumentasi antara pembicara yang satu, dua, maupun ketiga. 

Etika berbicara

Saat melakukan debat di dalam kelas, tentunya etika berbicara sangat penting untuk diperhatikan. Walaupun materi yang anda bawa sangat bagus, namun jika etika berbicara yang anda miliki kurang baik, maka nilai yang didapat bisa saja jauh dari yang anda harapkan. Kesopanan berbahasa juga perlu diutamakan. Bersikap terlalu frontal bisa saja menunjukan posisi anda ke tingkat yang paling bawah. Maka dari itu, gunakanlah bahasa yang benar, santun, dan baik. Dalam debat merupakan hal yang lumrah terjadi sanggah-menyanggah, tetapi etika berbicara juga harus diutamakan. Saat menyanggah lawan, maka anda perlu menggunakan bahasa yang santun dan baik, bukannya menyerang sepihak, terlebih lagi menjatuhkannya dengan vulgar. Anda harus memberikan sanggahan yang tidak menyakiti pihak lawan. 

Buat parameter yang jelas

Parameter merupakan acuan dalam melakukan debat. Nah, acuan ini dilakukan untuk membatasi perdebatan supaya tidak melenceng kemana-mana. Misalnya anda memperoleh tema “Membangun nasionalisme yang dilakukan dengan prestasi olahraga di ajang internasional”. Tentunya tema ini belum sepenuhnya mengerucut. Sehingga kawan-kawan (terlebih lagi untuk tim pro) sebaiknya sebisa mungkin dapat membuat parameter yang jelas saat membawa permainan. Dengan begitu arah debat akan semakin jelas. Dan pada akhirnya akan membuat hubungan harmonis antara pembicara pertama, kedua, hingga ketiga. Dengan begitu tidak akan menimbulkan kebingungan yang signifikan. 

trik saat debat

Berdoa dulu sebelum melakukan debat

Tips debat dalam kelas selanjutnya adalah berdoa dulu sebelum berdebat. Walaupun dibagian akhir, namun doa harus tetap diutamakan. Karena doa tidak hanya membawa suasana hati yang tenang saja, namun secara immortality doa merupakan jembatan penghubung komunikasi intensif antara anda dengan Tuhan. Pastinya, jangan pernah untuk meremehkan kekuatan doa. Ada banyak dari mereka yang jatuh dalam suasana debat, suasana hatinya tidak tenang, karena mereka meremehkan kekuatan doa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *