Cara Mencari Kerja Setelah Wisuda

Posted on

Setelah melalui betapa sulitnya memperjuangkan kuliah hingga wisuda, kamu akan mendapatkan kesulitan yang lain seperti pekerjaan. Ketika kamu telah menyelesaikan studi dan belum mendapatkan pekerjaan maka kamu akan dijuluki sebagai pengangguran. Julukan inilah yang menurut banyak orang lebih menyakitkan dibandingkan mahasiswa abadi. Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara mencari kerja setelah wisuda. 

Lihat Rata-Rata Gaji Profesi

Cari tahu jumlah gaji rata-rata profesi yang kamu inginkan. Lakukan pencarian di search engine dan beberapa kerabat yang menggeluti profesi yang serupa. Kamu perlu mengetahui jumlah gaji yang dibayarkan agar bisa menyesuaikan dengan biaya hidupmu nantinya. Bayangkan apabila gaji yang kamu peroleh jauh di di bawah biaya hidupmu, maka kamu perlu mengurangi biaya hidupmu sembari menunggu kenaikan gaji. Selain itu kamu juga tidak boleh menolak pekerjaan hanya karena gajinya yang tidak terlalu tinggi. 

Hal ini akan membuat kamu benar-benar di cap sebagai pengangguran. Sebaiknya terima saja pekerjaan tersebut untuk pekerjaanmu saat ini sementara kamu mencari pekerjaan lainnya. Ketika telah menemukan pekerjaan yang lebih bagus dengan gaji yang lumayan besar, kamu boleh mengajukan surat undur diri. 

Jangan Tergiur dengan Perusahaan Besar

Jangan terlalu mudah tergiur dengan nama perusahaan besar karena ekspektasi terkadang tidak sesuai dengan realita. Meskipun kamu akan dibayar dengan gaji yang lumayan besar dengan posisi tertentu. Tapi tetap diperlukan cek terlebih dahulu. Perusahaan tentu saja memiliki banyak peminat sehingga kamu butuh cara bersaing yang lebih bagus.  Banyaknya karyawan dalam sebuah perusahaan besar juga sebenarnya menjadi beban bagi perusahaan tersebut dalam membagi jumlah gajinya. 

mencari kerja

Namun jika kamu menerima pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan kecil bukan pula berarti gaji yang diberikan juga kecil. Perusahaan dengan skala kecil menengah biasanya lebih membutuhkan  banyak pekerja dan bersedia membayar dengan biaya tinggi di luar perkiraanmu. 

Sesuaikan dengan Kemampuan Diri

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu, jangan mencari pekerjaan yang terlalu membuat dirimu kesulitan. Meskipun kamu dibayar dengan harga tinggi sekalipun, tapi kalau tidak bisa menghasilkan sesuatu yang memuaskan juga tidak akan berarti. Kamu seolah memakan gaji buta dengan pekerjaan yang tidak bisa kamu kuasai. Ukur kemampuan dirimu, bekerjalah dengan ikhlas dan bisa membagi waktu antara kapan harus bersikap serius dan kapan harus santai.

Jangan Menyerah

Jika kamu telah kesana dan kemari mencari lowongan pekerjaan dan tidak kunjung dapat, maka jangan berputus asa. Ketika kamu menemukan pekerjaan yang tepat juga jangan menyerah dengan tumpukan tugas yang harus dikerjakan dalam waktu cepat. Tidak ada yang peduli seberapa berat beban pekerjaan yang kamu pikul, mereka hanya ingin pekerjaan sesuai permintaannya tersebut selesai di waktu yang tepat. 

Sekian beberapa cara mencari kerja setelah wisuda. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *