Jawaban Pertanyaan “Mengapa Perlu Cepat Lulus?”

Posted on

Mahasiswa mana yang tidak ingin cepat lulus? Tentu tidak ada, hanya saja ada beberapa kendala yang menjadikannya telat wisuda baik itu kendala biaya kuliah maupun dosen yang terlalu banyak maunya. inilah jawaban dari pertanyaan “Mengapa perlu cepat lulus?” khusus untuk kamu para mahasiswa senior. 

Mahalnya Biaya Kuliah

Untuk mahasiswa jenjang Strata 1 di Indonesia memiliki masa perkuliahan selama 4 tahun. Namun apa jadinya apabila sudah nyaris 7 tahun lamanya kamu belum juga mengenakan baju toga? Masalah utamanya adalah biaya kuliah yang tidak murah sama sekali. Apabila kamu menggunakan biaya kuliah hasil kerja keras sendiri mungkin tidak terlalu bermasalah, tapi apa jadinya apabila kamu menggunakan biaya yang dikirim, dari hasil keringat orang tuamu? 

pentingnya cepat lulus

Berpikirlah sampai kapan kamu akan terus membebani mereka yang umurnya sudah tidak lagi muda. Harusnya kamu yang membuat mereka bahagia dan mengirim uang bulanan di umurmu yang sudah matang. Intinya semakin lama kamu menjadi mahasiswa maka semakin banyak pula rupiah yang keluar dari kantong orang tuamu. 

Usia Meningkat

Berlama-lama dalam menyelesaikan tugas akhir kampus akan membuat usiamu terasa sia-sia. Belum lagi kamu pernah tinggal kelas saat SD, SMP atau SMA. Tidak menyelesaikan kuliah dalam waktu yang tepat memang bukan sebuah dosa, tapi usiamu yang akan terbuang sia-sia dengan terus berada di tempat yang sama. Jadi, tetap berjuang untuk menyelesaikan kuliahmu meskipun dosennya sedikit merepotkan. 

Dalam proses penyelesaian kuliah itu tidak dibutuhkan kepintaran karena pintar dengan kemalasan juga tidak membuahkan hasil. Rajin-rajinlah berkonsultasi dengan dosen pembimbingmu meskipun masih banyak lembaran yang di corat-coret. Wajar jika dicoret karena kamu masih belajar, anggap saja apabila kamu sudah pintar, tidak mungkin kuliah. 

Malu dengan Pertanyaan “Kapan Wisuda?”

Nah, ini adalah poin yang paling membuat para mahasiswa akhir stres. Persoalan kuliah yang belum selesai seharusnya bukan menjadi urusan orang lain sehingga dengan mudahnya mengajukan pertanyaan tersebut. Pertanyaan ini sebenarnya dapat membuat kondisi psikologis seseorang terguncang hebat apalagi jika selama ini dia berusaha untuk menyelesaikan kuliahnya namun ada beberapa kendala yang tidak mungkin diceritakan. 

Meskipun demikian, pertanyaan seperti itu juga bisa dijadikan dorongan agar kamu tidak berputus asa dalam berjuang menyelesaikan studimu. Jadikan pertanyaan yang memalukan ini sebagai motivasi yang membuatmu berjuang menyelesaikan kuliah. Ketika kamu wisuda maka itulah waktunya kamu membuktikan kepada semua orang bahwa kamu juga bisa. 

Jodoh Menanti

Bagi kamu para pria, sadarlah bahwa ada yang sedang menunggu lamaranmu. Untuk wanita juga sama, mungkin saja dia ingin kamu menyelesaikan kuliah terlebih dahulu sebelum lamaran. Jadi, menunda wisuda sama dengan menunda resepsi. Maka teruslah berjuang, barangsiapa yang bersungguh-sungguh, akan tercapai. 

Sekian jawaban dari pertanyaan “Mengapa perlu cepat lulus?“. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *