Alasan Pentingnya Terlibat Organisasi Kampus

Posted on

Setiap kampus memiliki organisasi yang merupakan wadah kreativitas bagi mahasiswa di dalamnya. Meskipun ada sebagian mahasiswa yang aktif organisasi harus mengambil resiko telat lulus kuliah, namun menjadi bagian dari sebuah organisasi ternyata banyak manfaatnya. Inilah beberapa alasan pentingnya terlibat organisasi kampus. 

  1. Kenal dengan Banyak Orang

Ketika kamu memutuskan ikut serta dalam sebuah organisasi kampus, maka kamu juga akan dipersiapkan untuk bertemu dengan banyak orang yang menginspirasi. Mereka bukan hanya orang yang memiliki ilmu tinggi seperti para profesor tapi juga orang-orang yang berjiwa besar. Dalam organisasi kamu akan mulai belajar menghargai sesama meskipun memiliki latar belakang yang berbeda, baik itu dari etnis, budaya, agama dan cara berpikir. 

Hal yang bisa kamu lakukan adalah menghargai, beradaptasi dan bergaul dengan mereka meskipun sebenarnya banyak sekali perbedaan yang terkadang membuat kamu merasa janggal. Setiap anggota organisasi merupakan orang-orang cerdas yang mampu berbicara di depan orang banyak dan berdiskusi untuk mencapai satu tujuan. 

  • Memperkuat Mental

Organisasi itu tempat kamu dan anggota lainnya melatih kekuatan mental. Kenapa? karena kamu akan dihadapkan dengan beragam persoalan baik itu secara mental dari luar maupun luar lingkungan organisasi. Kamu akan dibanjiri dengan beragam bentuk protes atau komentar dari anggota lainnya. Hal yang menjadi masalah besar di sini adalah kamu dibuat seolah-olah tidak pernah melakukan apapun dan tidak becus mengurus apapun sementara kamu sudah berusaha semaksimal mungkin. 

pentingnya berorganisasi saat kuliah

Tapi apa yang bisa kamu katakan? Kamu hanya bisa diam dan tidak boleh gampang putus asa karena sejatinya organisasi memang seperti itu dan dari sanalah kamu belajar memiliki mental sekuat baja. Kamu juga akan lebih bijak ketika mengutarakan pendapat, mengambil keputusan dan merespon setiap tekanan yang disuntikkan ke dalam dirimu. 

  • Belajar Menjadi Leader

Leader yang dimaksud dalam konteks ini bukan hanya pemimpin bagi orang banyak tapi juga untuk dirimu sendiri. Sebagai anggota organisasi kampu, kamu akan belajar banyak hal karena kamu pasti akan terus dibicarakan dari belakang oleh beberapa kelompok orang maupun individu. Apakah kamu akan membalas dengan perlakuan yang sama? Tentu tidak. 

Anggota sebuah organisasi dididik agar bisa menerima segala hal baik itu positif maupun negatif dengan kepala dingin dan cerdas. Apabila kamu membalas dengan perlakukan yang sama maka kamu sama dengan mereka para tukang cemooh. Tetaplah tersenyum dan bergaul seakan-akan tidak terjadi apapun. Oleh karena itulah aktif dalam organisasi merupakan hal yang penting. 

  • Manajemen Waktu

Anggota organisasi sebenarnya ahli dalam mengatur waktu agar tidak kebingungan ketika kegiatan organisasi dan kuliah bentrokan di mana keduanya dalam posisi sama-sama penting. Namun untuk beberapa orang yang terlalu sulit mengatur waktu sebaiknya jangan terlibat terlalu jauh dalam organisasi. 

Itulah beberapa alasan betapa pentingnya terlibat organisasi kampus. Utamakan perkuliahanmu agar menjadi mahasiswa yang berhasil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *