Pengertian Statistik Dasar

Posted on

Statistik dasar merupakan bagian dari awal dari bidang ilmu statistika. Oleh karena itu, sebelum mengenal lebih jauh tentang statistik dasar, perlu kiranya Anda mengenal tentang ilmu statistik itu sendiri. Nah, berikut ini uraian lebih lengkapnya tentang bidang keilmuan ini.

# Definisi Statistika

Statistika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang khusus membahas tentang cara mengumpulkan, menganalisis, hingga menginterpretasikan suatu data. Dengan kata lain, ilmu ini menjadi pedoman pada saat melakukan sebuah penelitian empiris. 

Jika dilihat dari asal katanya, statistika berasal dari bahasa Latin, state, yang berarti negara. Hal ini dikarenakan beberapa keterangan yang ada di dalamnya sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk negara.

pengertian statistik

Berbeda lagi jika dilihat dari bentuk katanya. Secara plural, statistik dapat diartikan sebagai kumpulan fakta berupa angka-angka untuk menunjukkan rangkaian suatu kejadian. Kumpulan angka ini dapat berbentuk tabel maupun acak. Sedangkan, secara singular, statistik dapat diartikan sebagai suatu metode untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis, dan mengartikan suatu data hingga akhirnya dapat dibuat suatu kesimpulan.

# Metode Statistika

Dilihat dari metode atau tekniknya, statistik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu statistik deskriptif (dalam arti sempit) dan statistik induktif (dalam arti luas).

1.    Statistik Deskriptif

Dalam arti sempit, statistik merupakan susunan angka yang memberikan suatu gambaran tentang data tersebut. Dalam hal ini, susunan angka tersebut dapat berbentuk tabel, diagram, histogram, ukuran penempatan, dan sebagainya.

2.    Statistik Induktif

Dalam arti luas, statistik merupakan alat yang digunakan pada sebuah penelitian untuk mengumpulkan data, mengolahnya, menarik kesimpulan, hingga membuat suatu keputusan berdasarkan analisis data. 

# Manfaat Statistik

Ada banyak sekali manfaat dari ilmu statistik ini, antara lain:

1.    Sebagai alat komunikasi antara pemberi data kepada penerima data.

2.    Sebagai alat deskripsi dari sebuah penyajian data.

3.    Sebagai alat regresi untuk meramalkan pengaruh antara data satu dengan lainnya.

4.    Sebagai alat untuk mengukur korelasi antara satu kejadian dengan kejadian lain.

5.    Sebagai alat komparasi antara dua kelompok data atau lebih.

# Statistik Dasar

Sebagai bagian awal untuk mempelajari ilmu statistika, maka pada bagian statistik dasar ini, ada beberapa hal yang dipelajari. Beberapa hal tersebut menjadi dasar dan akan selalu disebutkan pada pembelajaran selanjutnya. Berikut ini beberapa hal yang dipelajari dalam statistik dasar:

1.    Pengukuran kecenderungan pemusatan data, yang mempelajari nilai rata-rata (mean), nilai tengah (median), dan nilai yang banyak muncul (modus).

2.    Pengukuran posisi (lokasi data), yang mempelajari nilai median dan kuartil.

3.    Pengukuran penyimpangan data, yang mempelajari nilai maksimum, minimum, dan rentang data, termasuk simpangan baku.

4.    Pengukuran distribusi, yang mempelajari tentang kemiringan dan keruncingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *