Mahasiswa Baru? Yuk Simak Apa Saja Hal Yang Harus Kamu Persiapkan!

Posted on

Pendidikan memang menjadi tujuan utama yang wajib kamu tempuh dalam kehidupan ini. Ketika lulus SMA atau SMU, memutuskan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi adalah langkah terbaik. Karena, pengalaman terbaik pasti lah akan kamu dapatkan saat bisa menjadi mahasiswa baru pada salah satu kampus ternama di tanah air.

Beralih status dari siswa menjadi mahasiswa memang bukan hal mudah. Pasalnya, dunia mahasiswa sangat jauh berbeda saat kamu masih menjadi seorang pelajar di bangku sekolah menengah atas (SMA). Di bangku kuliah, sebelum kamu benar-benar menjadi seorang mahasiswa, kamu akan lebih dulu melalui serangkaian proses sebagai seorang mahasiswa baru yang masih begitu awam akan dunia perkuliahan.

Kamu mahasiswa baru? Lalu, lalu apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk menyambut lembaran baru di perkuliahan? Yuk simak penjelasan singkat berikut !

1. Persiapkan Mental

Tidak dapat dipungkiri, bahwa masa orientasi perkenalan atau yang lebih dikenal dengan istilah ospek masih melekat hebat di diri pelajar dan mahasiswa. Nah, masa masa itu tentu saja akan menguji mental serta jiwa kamu sebagai seorang mahasiswa baru.

Kamu, sebagai mahasiswa baru pada sebuah jurusan, harus menyiapkan mental sebaiknya mungkin untuk menghadapi para senior di lapangan. Salah-salah, kamu akan dibuat malu atau bahkan sampai menangis di depan teman-teman. Namun, masa ospek ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan dan sisa mahasiswa baru yang mengubah hidup kamu jadi lebih berwarna.

2. Siap Siap Berpisah Dengan Keluarga

Kalau kamu kuliah pada sebuah kampus yang dekat dengan rumah. Maka, tidak ada alasan bagi kamu untuk mudik atau pulang sebulan sekali ke rumah bertemu orang tua. Namun, lain ceritanya jika kamu kuliah jauh dari tempat asal dan kampung halaman. Tentu saja sesi pertemuan adalah hal paling kamu rindukan.

Untuk itu, kamu harus mempersiapkan batin yang kuat saat berpisah dengan orang tua. Tenang saja, perpisahan sementara ini dan jarak dari orang tua akan membuat kamu menjadi sosok lebih mandiri dan dapat membuat keputusan lebih baik bagi hidupmu.

3. Persiapkan Dana

Uang. Ya! Adalah modal yang wajib kamu miliki ketika memutuskan untuk menempuh pendidikan di bangku kuliah. Karena, keperluan yang kamu butuhkan saat belajar di perguruan tinggi jauh lebih besar dibandingkan ketika kamu masih duduk di bangku sekolah. Mulai dari print tugas, kuliah lapangan, seminar, menyelesaikan tugas akhir, hingga biaya makan dan tempat tinggal serta transportasi. Semuanya harus masuk ke dalam perhitungan kamu dan keluarga sebelum kamu melanjutkan kuliah.

Selain ketiga hal itu, cara mengatur waktu dengan benar juga menjadi persiapan yang wajib kamu persiapkan saat menjadi mahasiswa baru. Ayuk mahasiswa baru, buktikan bahwa kamu seorang mahasiswa baru dengan potensi bagus dan memiliki kualitas diri yang tinggi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *