Hindari dan Kenali Gejala Menjadi Mahasiswa Abadi

Posted on

Mahasiswa abadi merupakan julukan bagi mereka yang tidak kunjung lulus kuliah terlepas dari apapun alasannya. Lantas seperti apa gejala yang timbul ketika kamu akan menjadi calon-calon mahasiswa abadi? Kenali gejala menjadi mahasiswa abadi berikut ini. 

Terlalu Aktif Organisasi

Mahasiswa yang tidak ikut organisasi dinilai sebagai kupu-kupu kampus alias kuliah pulang. Oleh karena itu kebanyakan dari para mahasiswa yang melibatkan dirinya dalam berbagai organisasi baik itu dalam lingkungan kampus maupun luar kampus. Sebenarnya keterlibatan mereka dalam kegiatan organisasi tidak terlalu berpengaruh terhadap masa kelulusan yang semakin lama, namun apabila mereka terus tenggelam dalam kegiatan organisasi dengan mengabaikan kewajiban kuliahnya, itulah gejala mahasiswa abadi. Bagi kamu yang baru saja menginjakkan kaki di lingkungan kampus, hindari terlalu fokus dengan organisasi sehingga melupakan tujuan utamamu di perkuliahan. Aturlah waktu sebaik mungkin agar tidak ada yang terabaikan karena apabila kamu aktif di organisasi maka kamu akan siap dengan dua tanggung jawab berbeda.  

Terlalu Sibuk Bisnis

Salah satu yang paling banyak digemari oleh para mahasiswa saat ini adalah kegiatan bisnis. Selain bisa mendapatkan pendapatan untuk tambahan uang jajan, bisnis juga bisa memperbanyak pengalaman dalam lingkungan kerja nantinya. Namun salahnya bagi yang sedang menjalani perkuliahan adalah terlalu menomorsatukan  bisnis dibanding kuliah. Padahal jika keduanya jalan beriringan, kamu akan menjadi mahasiswa yang luar biasa dan bisa menjadi role model mahasiswa lainnya. Dalam hal ini pembagian waktu antara bisnis dan kuliah juga merupakan masalah utamanya. Harusnya mahasiwa yang sukses akan bisnis serta kuliahnya kelihatan lebih berhasil dibanding mereka yang hanya fokus kuliah. 

menjadi mahasiswa abadi

Terlalu Sering Nongkrong

Jangan jadikan nongkrong menjadi budaya di kalangan para mahasiwa. Kamu bukannya tidak diizinkan melepas penat dengan nongkrong bersama teman dan sahabat. Hanya saja gunakan waktu yang tepat untuk nongkrong. Jangan gunakan waktu berhargamu hanya untuk hal yang hampa. Misalnya kamu ingin melepas penat karena beban tugas kuliah yang telah dikerjakan, barulah bisa nongkrong barang satu hari untuk menyegarkan pikiran. Nongkrong pun bisa kamu gunakan sebagai satu momen dimana isinya kegiatan yang bermanfaat seperti bersantai di suatu tempat yang benar-benar menghilangkan suntuk. Jangan jadikan nongkrong sebagai rutinitas harian jika kamu ingin lulus kuliah secepatnya. 

Terlalu Sering Menghindari Tugas

Tugas yang diberikan oleh dosenmu itu ya harusnya dikerjakan hingga tuntas. Apabila kamu malah menghindari tugas, maka tidak salah jika nilaimu ikut meninggalkanmu. Nilai yang kurang memuaskan pada satu mata kuliah itu bisa membuatmu harus mengulang di semester berikutnya. Sedangkan kamu maunya kuliah selesai tepat waktu tanpa harus mengulang. Oleh karena itu kerjakan tugas yang telah menjadi kewajibanmu ketika memasuki masa perkuliahan. 

Itulah ulasan Kenali gejala menjadi mahasiswa abadi. Semoga bermanfaat.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *