Berbagai Perpustakaan Dan Referensi Online Untuk Mahasiswa

Posted on

Saat mengerjakan tugas atau sekedar untuk belajar dalam menghadapi ujian, biasanya mahasiswa tidak hanya membutuhkan bahan materi dari kampus saja, namun juga dibutuhkan perpustakaan dan referensi online sebagai materi tambahannya. Untuk itu, anda bisa mencoba berbagai referensi online di bawah ini.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan online pertama yang bisa anda manfaatkan adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Di perpustakaan ini, tentunya anda bisa memperoleh berbagai referensi studi yang anda butuhkan. Di dalamnya ada banyak sekali koleksi jurnal ilmiah dan berbagai jenis buku lokal hingga internasional. Anda sebagai mahasiswa dapat mengunduh materi yang telah disediakan tanpa harus membayarnya. Hanya cukup mendaftar secara online, anda bisa menjadikan perpustakaan ini sebagai bahan rujukan anda.

Garba Rujukan Digital

Garba Rujukan Digital dapat menjadi salah satu tempat untuk memperoleh berbagai referensi yang dibutuhkan. Pada awalnya situs ini dinamakan Indonesian Publication Index. Tetapi, sejak April 2018 yang lalu berubah namanya menjadi Garba Rujukan Digital (Garuda). Nah, Garuda ini menyediakan artikel hingga jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang tentunya dapat anda manfaatkan untuk kebutuhan materi anda di kampus.

Academia

Apakah anda sedang mencari paper riset dari berbagai dunia? Maka anda bisa memilih Academia. Academia adalah situs berbagai paper hasil riset yang berasal dari seluruh dunia yang pastinya dapat diakses dengan gratis. Di sini anda dapat menemukan berbagai hasil penelitian dari berbagai bidang yang berbeda. Tidak hanya mencari paper saja, namun anda juga dapat membagi hasil riset di sini. 

Library Genesis

Sangatlah pantas jika Library Genesis menjadi acuan mahasiswa dalam memburu berbagai referensi yang sangat diperlukan. Sangat cocok dijadikan sebagai acuan untuk memperkuat pemahaman material maupun sebagai acuan untuk pengerjaan tugas kuliah. Sebagian besar pustaka yang disediakan bisa anda akses secara gratis, namun ada juga beberapa yang berbayar. Walaupun begitu, Library Genesis layak anda masukkan sebagai daftar perpustakaan online anda. 

Google Scholar

Sedang mencari data-data yang dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas perkuliahan anda? Hanya dengan mengakses Google Scholar, maka anda bisa mendapatkan berbagai jurnal ilmiah secara online dengan mudah. Google Scholar adalah situs pencarian publikasi ilmiah yang telah diluncurkan oleh Google, yang di dalamnya terdapat berbagai macam karya penerbitan dengan berbagai format yang tentunya sangat cocok dijadikan sebagai referensi pustaka. Sehingga tidaklah mengherankan jika situs yang satu ini wajib anda masukkan sebagai salah satu referensi online.

Demikianlah beberapa perpustakaan dan referensi online yang tentunya sangat bermanfaat dalam menunjang kegiatan belajar anda di perkuliahan. Dengan begitu, berbagai tugas kuliah anda bisa dikerjakan dengan baik tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *