5 Cara Melatih Kemampuan Bahasa Inggris Paling Jitu

Posted on

Melatih kemampuan bahasa Inggris sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, pada saat seseorang sudah merasa bisa setelah melakukan kursus, kemudian enggan untuk mengaplikasikan dalam keseharian. Akibatnya, ia tetap tidak akan lancar dalam berbahasa Inggris. Ingat, kemampuan berbahasa tidak akan tercapai maksimal jika tidak pernah dilatih secara terus-menerus. Lalu, bagaimana cara melatih kemampuan berbahasa Inggris? Berikut ini beberapa caranya:

1. Mengikuti Beberapa Kursus Bahasa Inggris

Pada saat di bangku sekolah, setiap orang pasti pernah mempelajari bahasa Inggris. Hanya saja, di lingkungan sekolah, pembelajaran bahasa Inggris masih sangat terbatas karena terbatasnya waktu dan batasan kurikulum. Untuk itu, agar kemampuan bahasa Inggris dapat semakin meningkat, Anda perlu mengikuti beberapa kursus bahasa Inggris. Saat ini, banyak sekali lembaga pendidikan khusus bahasa Inggris dengan titik fokus berbeda. Anda bisa mengikuti semua jenis kursus tersebut agar pemahaman serta kemampuan bahasa Inggris Anda menjadi semakin meningkat.

2. Berada di Lingkungan Berbahasa Inggris

Selain mengikuti berbagai lembaga kursus bahasa Inggris, usahakan untuk berada di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris. Dalam hal ini, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Di Indonesia sendiri terdapat sebuah daerah yang bahasa kesehariannya menggunakan bahasa Inggris, yaitu daerah Pare. Sempatkan untuk berkunjung ke daerah yang juga sering disebut Kampung Inggris tersebut selama beberapa bulan. Dengan begitu, Anda akan terbiasa untuk mengucapkan bahasa Inggris di keseharian Anda.

3. Bergaul dengan Orang-Orang yang Mau Mengaplikasikan Bahasa Inggris

Tidak dapat dipungkiri, orang-orang sekitar sangat mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris. Saat Anda bergaul dengan orang yang terbiasa menggunakan bahasa Jawa, maka logat Jawa akan mempengaruhi kosakata Anda. Begitu juga pada saat Anda bergaul dengan orang terbiasa menggunakan bahasa Inggris, maka logat Inggris pun akan lebih mudah Anda dapatkan. Oleh karena itu, cari dan bergaullah dengan orang-orang yang mau untuk mengaplikasikan bahasa Inggris dalam percakapannya.

cara efektif meningkatkan bahasa inggris

4. Mengaplikasikan di Manapun Berada

Selain tiga cara di atas, Anda juga harus mengaplikasikan kemampuan bahasa Inggris Anda secara mandiri. Di mana pun Anda berada, usahakan untuk menggunakan bahasa  Inggris, misalnya saat berada di dalam rumah, bersama teman, atau di lingkungan kerja. Namun begitu, pastikan orang yang Anda ajak berkomunikasi juga paham dengan apa yang Anda maksudkan. 

5. Sering Praktik Langsung dengan Orang Asing

Orang asing merupakan guru paling konkret untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda. Untuk itu, usahakan untuk sering mempraktekkan kemampuan bahasa Anda tersebut kepada orang asing, Sebagai contoh, Anda ajak komunikasi turis asing yang kebetulan Anda temui. Anda juga bisa berkunjung ke luar negeri dan melakukan komunikasi langsung dengan penduduk setempat menggunakan bahasa Inggris. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggeluti pekerjaan sebagai guide turis asing. Dengan begitu, setiap hari Anda terbiasa untuk berkomunikasi dengan mereka/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *