5 Ciri Mahasiswa Rentan Homesick

Posted on

Ciri mahasiswa rentan homesick – Menjadi mahasiswa memang sangat menyenangkan; mempunyai banyak teman, bebas berekspresi dengan mahasiswa sealiran, dan sebagainya. Namun, ternyata tidak semua orang merasa nyaman dengan statusnya sebagai mahasiswa tersebut. Untuk beberapa orang mahasiswa, lebih senang menyendiri di kos atau kontrakan daripada bergaul dengan teman-teman lainnya. Berikut ini ciri mahasiswa yang rentan terkena homesick.

1. Mahasiswa Perantauan

Kebiasaan berada di lingkungan keluarga yang selalu mendukung segala kebutuhan, membuat seseorang menjadi kikuk saat harus berjauhan dengan orang tua. Baginya, teman-teman tidak akan mampu memberikan kenyamanan daripada keluarga sendiri. Lebih dari itu, keberadaan teman tidak akan mampu mengusir kerinduannya kepada keluarga. Akibatnya, ia akan lebih nyaman berada di dalam kamar kos dan berkomunikasi dengan keluarga sepanjang hari.

2. Mempunyai Sifat Penyendiri

Mahasiswa yang lebih senang menyendiri juga rentan terkena homesick. Mereka akan lebih merasa tenang saat berkutat dengan buku, hp, atau hanya sekadar berbaring di dalam kamar daripada berkumpul dengan teman-temannya. Bahkan, pada saat suntuk, orang dengan tipe penyendiri ini juga lebih memilih jalan dan shopping sendiri daripada mengajak teman. Baginya, mengajak teman untuk berjalan-jalan hanya akan merepotkan karena menjadi tidak bebas untuk menentukan arah perjalanan sendiri.

homesick

3. Mempunyai Sifat Introvert

Sifat introvert merupakan sifat yang tertutup. Tipe mahasiswa ini juga sangat rentan terkena homesick. Kebiasaan untuk tidak pernah berbagi, terutama masalah pribadi, menjadi kendala untuk bisa bergaul dengan teman yang lain. Saat berada di tengah teman-temannya, ia cenderung akan lebih banyak diam, garing. Hal ini pastinya akan membuatnya merasa tidak nyaman sendiri. Akibatnya, ia akan lebih memilih tinggal di dalam rumah atau kamar. Baginya, berkutat dengan barang-barang atau orang-orang di dalam rumahnya bisa membuatnya lebih nyaman daripada berkumpul bersama teman-teman.

4. Mempunyai Sifat Sulit Bergaul

Mahasiswa ini tidak jauh berbeda dengan dua tipe mahasiswa sebelumnya. Meskipun pada dasarnya, di dalam hati ingin sekali bergaul dan bercanda tawa dengan teman, namun sulit untuk membuka pembicaraan. Meskipun berada di tengah perkumpulan teman di kampus, ia tidak tahu harus berkata apa. Menjadi pendengar yang baik adalah hal yang biasa. Namun, lama kelamaan, situasi seperti ini akan membuatnya jadi malas untuk bertemu teman. Sebagai akibatnya, di lingkungan kampus ia menjadi tidak punya banyak teman. Rumah dan kamar kos akhirnya menjadi tempat yang paling diidolakannya.

5. Senang Bermain Gadget

Di zaman teknologi ini, gadget memang menjadi alat yang sangat familiar. Bahkan, bagi beberapa orang, gadget menjadi alat yang harus ada. Nah, bagi mahasiswa yang sudah kecanduan gadget seperti ini, dapat dipastikan tidak akan betah berlama-lama di dalam kampus untuk berkumpul dengan teman-teman lain. Mereka lebih memilih untuk tinggal di rumah atau kamar kos untuk bermain gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *