Inilah Cara Menghitung IPK yang Benar

Posted on

Cara menghitung IPK haruslah diketahui oleh para mahasiswa. Mengapa? Sebab, dengan mengetahui cara menghitung Indek Prestasi Kumulatif ini, mahasiswa bisa merencanakan mata kuliah yang harus diambil di semester berikutnya, sehingga target waktu kelulusan maupun perolehan nilai yang diinginkan dapat tercapai. Selain itu, dengan mengetahui cara menghitung nilai IPK, Anda bisa mencari strategi agar nilai IPK tidak turun atau bahkan meningkat. Lalu, bagaimana cara menghitung nilai tersebut? Berikut ini uraian lebih jelasnya.

Mengetahui Skor dari Setiap Nilai

Di jenjang perkuliahan, penilaian yang diberikan dosen berupa huruf, mulai dari A, B, C, D, E, dan K. Setiap nilai ini mempunyai arti dan skor yang berbeda. Untuk bisa menghitung nilai IPK, Anda harus mengetahui skor dari setiap nilai tersebut sekaligus artinya, yaitu:

  • A mempunyai skor 4, artinya memuaskan.
  • B mempunyai skor 3, artinya baik.
  • C mempunyai skor 2, artinya cukup.
  • D mempunyai skor 1, artinya kurang
  • E dan K mempunyai skor 0, artinya tidak lulus (harus mengulang).

Mengetahui Rumus Menghitung Mutu (Bobot) Nilai

Setiap mata kuliah pasti mempunyai jumlah SKS yang berbeda. Untuk menghitung IPK, Anda harus mengalikan jumlah SKS setiap mata kuliah tersebut dengan skor dari nilai yang diperoleh di mata kuliah tersebut. 

Sebagai contoh: 

Mata kuliah statistik dengan 4 SKS ternyata mendapatkan nilai B. 

Maka, mutu dari mata kuliah statistik tersebut adalah 4×3 = 12.

cara menghitung IPK

Mengetahui Rumus Menghitung IP

IP merupakan nilai untuk semester tersebut, sedangkan IPK merupakan total nilai dari semester satu hingga semester akhir. Nah, untuk mengetahui nilai IP, Anda tinggal menghitung semua mutu dari setiap mata kuliah di semester tersebut. Setelah itu, jumlahkan semua mutu nilai tersebut, kemudian bagilah dengan total SKS.

Sebagai contoh:

Mata kuliah A, 3 SKS, nilai A, mutunya 3×4 = 12.

Mata kuliah B, 2 SKS, nilai C, mutunya 2×2 = 4.

Mata kuliah C, 2 SKS, nilai A, mutunya 2×4 = 8.

Mata kuliah D, 3 SKS, nilai B, mutunya 3×3 = 9.

Mata kuliah E, 4 SKS, nilai B, mutunya 4×3 = 12.

Total SKS = 3+2+2+3+4 = 14

Total mutu = 12+4+8+9+12 = 45.

Maka, IP = 45 : 14 = 3,21

Mengetahui Rumus Menghitung IPK

Jika setiap semester Anda sudah mengetahui nilai IP, maka untuk menghitung IPK keseluruhan semester perlu diketahui nilai IPK x total SKS di tiap semester tersebut. Setelah itu, nilai mutu keseluruhan kemudian dibagi dengan SKS total seperti pada perhitungan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan pada setiap semester belum tentu mahasiswa mengambil jumlah SKS yang sama, Sehingga perlu diketahui total mutu di setiap semester sebelum dijumlahkan dan dirata – rata kan. Artinya nilai IPK 3.4 dalam satu semester akan lebih berpengaruh terhadap IPK total jika pada semester tersebut mahasiswa mengambil 24 SKS, dibandingkan mahasiswa yang hanya mengambil 12 SKS saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *