Masih Zamankah Untuk Mencontek Pada Saat Ujian?

Posted on

Tentunya masih banyak yang bertanya mencontek, masih zaman?Dimana mencontek merupakan salah satu kegiatan yang tidak asing. Pastinya disegala tempat ketika Anda melanjutkan pendidikan pastinya ada banyak orang yang melakukan kegiatan ini, tentunya masih banyak yang bertanya apakah di zaman serba modern seperti ini apakah masih zaman untuk mencontek?. Serta apakah di zaman sekarang yang serba canggih ini apakah mencontek telah berkurang, oleh sebab itu Anda wajib mengetahuinya sehingga bisa mempertimbangkan apakah terus melanjutkan hidup untuk mencontek terus sepanjang Anda melanjutkan pendidikan nanti. Serta apakah menyontek telah menjadi budaya atau tidak, padahal kegiatan mencontek merupakan kegiatan yang tidak terpuji. Karena itu Anda wajib untuk mengetahui seluk beluknya.

Mencontek merupakan salah satu tindakan yang tidak terpuji

Mencontek sendiri merupakan salah satu tindakan yang tidak terpuji, sehingga ada baiknya jika Anda tidak membiasakan diri untuk melakukan kegiatan ini. sebab dengan mencontek merupakan salah satu kegiatan yang melakukan kecurangan, karena Anda mencari nilai yang lebih baik namun dengan cara melihat jawaban orang lain maupun melihat buku dan internet. Padahal orang lain bersusah payah untuk belajar agar bisa menjawab semua soal, padahal untuk belajar tidaklah mudah sebab dibutuhkan waktu yang lebih serta harus berkonsentrasi yang tinggi sehingga semua yang Anda baca bisa Anda ingat ketika ujian nanti.  Jadi sudah pasti Anda melakukan tindakan curang karena ingin mendapatkan nilai lebih namun dengan cara yang mudah serta tanpa belajar. Jadi apabila Anda terus melakukan kegiatan ini maka akan sulit untuk meninggalkannya, serta dengan adanya kegiatan ini maka Anda akan membiasakan otak Anda untuk tidak berfikir serta akan menjadi malas belajar. Sebab di dalam pikiran Anda telah tertanam untuk apa belajar yang belum tentu nilainya bagus, sebab dengan mencontek maka bisa membuat nilai Anda menjadi bagus. Jadi tidak heran jika Anda terus mencontek dari zaman sekolah hingga sekarang maka membuat malas.

mencontek
ilustrasi gambar dari pexels.com

Mencontek bisa membuat ketagihan

Tentunya tidak dapat kita pungkiri bahwa dengan mencontek dapat membuat Anda menjadi terus ketagihan, karena Anda akan malas belajar dan memilih untuk mencontek. Sebab dengan mencontek Anda tidak perlu merasa kerepotan dalam belajar namun bisa mendapatkan nilai yang bagus bahkan jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan mereka yang belajar. Tidak heran jika terus membiasakan diri dengan menyontek maka akan sangat sulit untuk membuatnya berhenti, oleh sebab itu ada baiknya jika mulai sekarang Anda tidak mencontek lagi. Apalagi sudah tidak zaman lagi mencontek, sebab dengan mencontek dapat menurunkan kualitas dari diri Anda. Jadi jika ada yang bertanya mencontek, masih zaman? Maka jawabannya adalah tidak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *