Manfaat Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

Posted on

Sistem informasi akademik mahasiswa merupakan suatu sistem yang dirancang secara khusus untuk keperluan pengelolaan data akademik mahasiswa dan perguruan tinggi.  Data tersebut dirancang dengan penerapan teknologi komputer baik software maupun hardware sehingga kegiatan akademik secara keseluruhan bisa terkelola dengan baik dan bisa dimanfaatkan dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi sekaligus bisa dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan lingkungan perguruan tinggi.

sistem akademik mahasiswa
ilustrasi sistem informasi akademik (sumber pexels.com)

Tujuan Sistem Informasi Akademik

Pembuatan sistem informasi akademik bertujuan untuk mendukung proses penyelenggaraan pendidikan di bangku perkuliahan. Dengan adanya sistem informasi akademik yang baik, maka setiap perguruan tinggi mampu menyediakan layanan informasi yang efektif dan berguna untuk semua komunitas yang tergabung di dalamnya, baik mereka yang berada di dalam maupun di luar lingkungan perguruan tinggi karena sistem informasi yang bisa diakses melalui internet. Seperti yang diketahui, ada banyak sekali kebutuhan menyangkut bidang pendidikan hingga peraturan akademik yang dibutuhkan banyak orang.

Fakta inilah yang membuat pengelolaan akademik dalam sebuah lembaga pendidikan menjadi pekerjaan yang sangat penting dan menguras tenaga, waktu serta pikiran. Sistem akademik yang dibangun dan disusun sedemikian rupa sangat berguna untuk menjawab secara langsung semua permasalahan maupun kebutuhan perguruan tinggi beserta seluruh mahasiswa yang bersangkutan secara cepat, efektif dan tidak merepotkan.

Dari sekian banyak permasalahan yang terjadi pada perguruan tinggi, salah satu yang paling sering terjadi ialah perihal keterbatasan pengolahan data untuk saringan ujian masuk calon mahasiswa, pengumuman calon mahasiswa yang lulus, proses daftar ulang mahasiswa baru maupun lama hingga pengurusan beasiswa. Kegiatan tersebut merupakan proses interaksi antara bagian internal perguruan tinggi dan prosedur tertentu serta user (mahasiswa). Keberadaan suatu sistem yang baik diharapkan memudahkan pengolahan data antara user dan bagian internal perguruan tinggi dapat berlangsung dengan baik dan cepat.

Manfaat Sistem Informasi Akademik untuk Mahasiswa

Selain memberikan manfaat banyak untuk bagian internal perguruan tinggi, keberadaan sistem informasi akademik juga menawarkan banyak manfaat untuk mahasiswa yang terlibat langsung dalam sistem tersebut. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa dengan kehadiran sistem informasi akademik, antara lain:

  • Mempermudah setiap mahasiswa dalam hal pengisian maupun perbaikan KRS online
  • Keberadaan sistem tersebut juga mempermudah sekaligus mempercepat proses registrasi, her-registrasi hingga proses pembayaran yang dilakukan mahasiswa
  • Mempermudah mahasiswa memperoleh data IP maupun IPK per semester, mengetahui informasi jadwal mata kuliah, nilai UTS, nilai tugas, nilai UAS, nilai remedial dan berbagai informasi terkini yang dimuat jurusan atau fakultas
  • Mahasiswa dengan mudah bisa melihat dan memeriksa nilainya melalui SIAKAD mobile
  • Mahasiswa dengan mudah dan cepat mengetahui berbagai informasi akademik kapan saja dan dimana saja dengan mengakses sistem informasi akademik mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *