Tips Aman KRS Online Untuk Para Mahasiswa

Posted on

Tips aman KRS online – Ada beberapa perbedaan mendasar yang akan Anda temukan dan Anda rasakan antara kurikulum ajar SMA dengan perkuliahan, yaitu KRS dan sistem SKS. Pada masa SMA, mata pelajaran yang akan Anda pelajari secara otomatis telah disesuaikan dengan rumpun ilmu yang ingin Anda dalami. Contohnya, untuk anak IPA akan mengikuti pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi. Sedangkan untuk anak IPS diharuskan mengikuti pelajaran Ekonomi, Geografi, Sosiologi dan lainnya. Semua mata pelajaran yang akan dipelajari hanya itu-itu saja dan sangat  berbeda dengan sistem perkuliahan.

Sistem SKS dan KRS Anak Kuliahan

Di dunia kuliah, Anda sudah cukup bebas memiliki sendiri mata pelajaran yang hendak dipelajari dalam satu semester. Kapan waktu Anda hendak mempelajarinya dan berapa banyak mata kuliah yang ingin Anda ambil sudah bisa Anda tentukan sendiri selama periode tertentu. Anak kuliah menyebutnya dengan sistem SKS dan KRS, yaitu dua komponen utama dalam kurikulum ajar di tingkat perguruan tinggi. SKS merupakan jumlah periode mata kuliah yang hendak diambil mahasiswa untuk mempelajari suatu mata kuliah dalam satu semester. Sedangkan sistem yang menyusunnya dikenal dengan istilah KRS (Kartu Rencana Studi).

Tips Aman Mengisi KRS Online

KRS adalah suatu dokumen penting yang berisikan daftar mata kuliah yang bisa dipilih dan diikuti oleh setiap calon mahasiswa selama satu semester ke depan. Dalam KRS telah tercantum data mahasiswa secara lengkap dan terperinci, mulai dari nama, NIM, angkatan, jurusan, fakultas hingga mata kuliah yang tersedia beserta jumlah SKS. Sebagai informasi tambahan, berikut ini cara mengisi KRS online setiap semester kuliah yang bisa Anda pelajari:

  • Semester Pertama

Pada semester pertama, Anda tidak perlu khawatir karena biasanya secara otomatis KRS online Anda diisi berdasarkan mata kuliah pengantar setiap program studi dengan total 24 SKS. Hanya saja pada beberapa kampus tertentu, mahasiswa baru bahkan masih diharuskan melewati Tahap Persiapan Bersama selama 1 tahun pertama kuliah sehingga bisa masuk ke program studi yang diinginkan. Mau tidak mau, mahasiswa harus mengikutinya secara tekun.

mengisi krs online
  • Semester Kedua dan Seterusnya

Nah, untuk mahasiswa tingkat semester dua dan seterusnya, Anda sudah bisa memilih dan menyusun sendiri KRS untuk satu semester kedepan. Perlu Anda ketahui, dalam menyusun atau membuat rencana studi di semester pertengahan ada seninya lho. Pastikan Anda tidak memilih mata kuliah secara sembarangan, melainkan mengevaluasi pencapaian akademik pada semester sebelumnya dan pastikan Anda menyusun prioritas dan mencocokkan dengan mata kuliah tersedia.

  • Semester Akhir

Meskipun semester tua, mengisi dan menyusun rencana studi termasuk hal yang cukup menantang lho. Mendekati kelulusan biasanya mahasiswa akan disibukkan dengan persiapan menuju dunia kerja, bahkan tidak sedikit yang malah lupa dengan tugas akhirnya. Untuk itu, pastikan Anda telah menyelesaikan semua mata kuliah di tahapan ini sesuai dengan ketentuan SKS wajib yang harus dipenuhi. Selain itu, pastikan Anda memiliki mata kuliah pilihan yang belum dipilih inilah saatnya Anda mengulangnya. Yang tidak kalah penting, tips aman KRS online untuk mahasiswa semester terakhir ialah mengikuti proses penyusunan skripsi sesuai dengan ketentuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *