Sistem Informasi Akademik Adalah? Yuk Cek Jawabannya

Posted on

SIAKAD atau sistem informasi akademik adalah sebuah sistem yang rancang untuk pengelolaan berbagai data akademik dengan menerapkan teknologi komputer, baik itu software maupun hardware. Sistem informasi akademik berguna untuk mempermudahkan berbagai kegiatan administrasi  akademik yang segalanya sudah diatur secara daring atau online. Kegiatan yang bersifat administratif ini ialah seperti PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru), mengisi KRS (Kartu Rencana Studi), pengisian nilai (untuk dosen), penyusunan kurikulum, penyusunan jadwal kuliah dan kurikulum, serta mengelola data dosen, karyawan hingga mahasiswa.

siakad

Manfaat Menggunakan Sistem Informasi Akademik

Sistem informasi akademik memiliki banyak sekali manfaatnya, baik untuk para staf kampus maupun mahasiswanya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dipaparkan beberapa manfaat sistem informasi akademik, yaitu:

  • Dengan menggunakan aplikasi yang mendukung proses keuangan dan proses kepegawaian maka dapat membuat pengolahan data keuangan menjadi lebih efektif.
  • Berbagai jenis data bisa tersimpan secara terstruktur database yang ada di dalam komputer.
  • Setiap adanya pembaruan data antara bagian keuangan dan bagian administrasi kampus bisa dilakukan dengan cepat dan baik secara realtime.
  • Dapat mempermudah para mahasiswa untuk memperoleh segala informasi yang dibutuhkan, tanpa perlu datang ke bagian staf administrasi di kampus.
  • Memudahkan staf administrasi untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang sedang membutuhkan data. Dengan begitu, para staf administrasi bisa lebih fokus untuk penginputan data dan pemeriksaan data para mahasiswanya.

Kelebihan Sistem Informasi Akademik

Perlu Anda ketahui, terdapat banyak sekali kelebihan yang dimiliki Siakad atau sistem informasi akademik. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki sistem informasi akademik yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Basis data lebih terpusat sehingga bisa meminimalisir terjadinya duplikasi data yang sering ditemui pada sistem manual.
  • Sistem ini sengaja dirancang untuk dapat mengolah berbagai informasi yang ada secara terintegrasi sehingga setiap data yang tersedia akan selalu diperbarui atau up to date secara realtime.
  • Selain itu, sistem informasi akademik ini juga berfungsi sebagai pusat informasi, seperti PMB online, KRS online, penilaian secara online, respon email otomatis, hingga penjadwalan kelas online.
  • Dapat menjadi media komunikasi bagi para karyawan, dosen serta mahasiswa.
  • Dapat menjadi pusat rekam jejak seluruh kegiatan kampus karena berbagai informasi maupun berita terbaru seputaran kampus sudah ada di Sistem tersebut.

Umumnya setiap kampus memang penting memperbarui sistem administrasinya dengan menggunakan sistem informasi akademik yang terpadu. Hal ini penting diperhatikan karena selain dapat menghemat waktu dan tenaga, juga dapat membuat pihak lainnya seperti mahasiswa, dosen, staf administrasi, staf keuangan serta staf-staf lainnya bisa memperoleh data yang paling terbaru secara realtime.

Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bacaan tambahan bagi Anda yang sedang mencari tahu sistem informasi akademik adalah serta berbagai hal lainnya terkait SIAKAD tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *