Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru yang Perlu Kamu Ketahui!

Posted on

Prosedur penerimaan mahasiswa baru harus melalui beberapa tahapan dan memenuhi proses yang adil, transparan dan bebas diskriminatif atau tanpa membedakan suku, ras, agama, jenis kelamin, finansial maupun status sosial dari calon mahasiswa. Satu-satunya faktor penting yang harus diperhatikan ialah potensi yang dimiliki oleh calon mahasiswa itu sendiri. Untuk Anda yang saat ini sedang memperjuangkan pendidikan di tingkat  Perguruan Tinggi Negeri (PTN), berikut ini beberapa ketentuan umum yang harus dipahami oleh calon mahasiswa.

Ketentuan Umum Penerimaan Mahasiswa Baru

Ada beberapa cara dalam skala seleksi skala nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik setiap calon mahasiswa, salah satu yang tahapan seleksi paling utama diincar ialah SNMPTN. Tahapan ini ditentukan oleh prestasi akademik dari nilai rapor setiap calon mahasiswa yang dihitung sejak semester 1 hingga semester 5 tingkat SMA/MA maupun SMK. Rekam jejak dari setiap kinerja sekolah hingga prestasi akademik siswanya juga menjadi basis data utama yang dipertimbangkan. Tidak hanya itu saja, setiap sekolah dan siswa yang ingin mengikuti SNMPTN juga diwajibkan memiliki NPSN.

ilustrasi registrasi kampus

Perlu diketahui pula, siswa yang memiliki hak  untuk ikut mengikuti seleksi SNMPTN ialah siswa yang telah memiliki NISN dengan rekam jejak prestasi yang diisi pada PDSS. Bagi Anda yang berencana mendaftarkan diri, pastikan untuk terus membaca dengan jelas setiap informasi dari halaman PTN yang hendak Anda pilih. Terkhusus informasi penting mengenai persyaratan hingga proses atau prosedur penerimaan mahasiswa baru sesuai tahun ajar. Secara umum, terdapat beberapa prosedur penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri yang harus dipahami dengan benar. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Setiap calon mahasiswa yang ingin mendaftar telah dinyatakan lulus dalam satuan pendidikan 
  • Calon mahasiswa juga telah dinyatakan lulus pada seleksi penerimaan mahasiswa baru yang telah diikutinya sebelumnya
  • Telah dinyatakan lulus secara pasti dengan memverifikasi data tertentu dan telah bisa memenuhi semua persyaratan lain yang pastinya sudah menjadi ketentuan setiap PTN yang calon mahasiswa pilih sebelumnya

Tahapan Mengikuti SNMPTN

Bagi Anda yang sedang ingin mengikuti SNMPTN dalam waktu dekat, perlu diketahui ada beberapa langkah atau tahapan tertentu yang harus dipahami dalam proses mengikuti SNMPTN, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Pengisian data PDSS dilakukan oleh pihak sekolah dan langsung diverifikasi oleh setiap calon mahasiswa yang hendak mendaftar PTN
  • Mengikuti proses pemeringkatan
  • Melalui tahapan terakhir dalam pendaftaran SNMPTN oleh calon mahasiswa bersangkutan guna menyelesaikan semua prosedur penerimaan mahasiswa baru

Demikianlah informasi penting seputar ketentuan dan prosedur penerimaan mahasiswa baru yang harus dilalui dan dipahami oleh setiap calon mahasiswa. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang hendak mengenyam pendidikan ke perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *