Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2019

Posted on

Apakah Anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi? Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memang menjadi sebuah keputusan yang paling tepat bagi para siswa ataupun siswi yang baru saja lulus sekolah menengah atas. Meskipun begitu, sebelum Anda memilih dan mendaftar ke kampus yang diinginkan. Maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru. Untuk lebih jelasnya berikut akan diulas beberapa hal penting terkait sistem penerimaan mahasiswa baru 2019.

Pentingnya Mengetahui Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi resmi meluncurkan Lembaga Tes Masuk perguruan Tinggi atau disingkat LTMPT. Peluncuran LTMPT yang dilakukan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) ini diharapkan bisa menjadi terobosan yang luar biasa setelah melalui berbagai jenis kajian. 

penerimaan mahasiswa baru 2019
ilustrasi kondisi kelas dalam kampus

Umumnya ujian masuk perguruan tinggi dari waktu ke waktu memang banyak mengalami perubahan, meskipun begitu tidak ada perubahan yang spesifik di dalamnya. Dengan diluncurkan LTMPT dalam rangkaian kerja nasional Kemenristekdikti 2019 ini diharapkan seluruh siswa SMA/SMK/Man yang ada di Indonesia bisa mempunyai kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi terbaik. Nah, dengan adanya LTMPT ini maka para siswa bisa lebih mudah memilih perguruan tinggi yang diinginkan dan tentunya memiliki akreditas yang baik.

Berbicara mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 memang terlihat sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya masih menggunakan metode tulis, sementara saat ini pelaksanaan ujian masuknya sudah menggunakan sistem yang berbasis komputer. Pada dasarnya, para peserta yang ingin mengikuti ujian tulis berbasis komputer harus terlebih dahulu mengikuti tes sebelum menentukan jurusan yang ingin dipilih. Pada pelaksanaan ujian ini para peserta akan diberi dua kesempatan tes untuk bisa memperoleh nilai tertinggi. Nah, nilai tersebut nantinya akan menjadi modal untuk Anda memilih jurusan.

Tujuan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

MRPTNI (Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia) menjelaskan jika lembaga yang menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru atau lebih dikenal dengan LTMPT ini memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  • Dapat melaksanakan tes yang kredibel, transparan, adil efisien, fleksibel serta akuntabel.
  • Dapat memberi bantuan pada perguruan tinggi  untuk memperoleh calon mahasiswa yang mampu untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan hasil UTBK atau ujian tulis berbasis komputer, serta sesuai dengan kriteria lainnya yang sudah ditetapkan bersama dengan pihak PTN melalui jalur SBMPTN.

Demikianlah, ulasan terkait sistem penerimaan mahasiswa baru yang penting diketahui. Semoga dengan adanya beberapa ulasan diatas dapat berguna dan menjadi referensi bacaan tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari info seputar sistem penerimaan mahasiswa baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *