Bisnis Saat Kuliah: Konversi Waktu Luang Menjadi Uang

Posted on

Siapa bilang jika mahasiswa kerjanya hanya belajar? Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses, maka cobalah berbagai hal, mulai dari aktif berkegiatan sosial seperti aktif di organisasi sampai aktif berbisnis. Tidak hanya menambah jaringan pertemanan, tapi Anda juga bisa menambah uang jajan loh. Berikut ini macam-macam bisnis saat kuliah yang bisa Anda coba.

Membuka Jasa Kursus Private

Ilmu tentu akan berkembang dan tertanam di otak apabila disalurkan, alias dibagikan kepada orang lain. Ilmu yang didapat semasa diperkuliaan bisa Anda gunakan sebagai bahan ajar yang akan sangat berguna bagi yang membutuhkan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa biaya ajar.

Banyak dari mahasiswa yang membuka jasa kursus private ke rumah – rumah, biasanya kualifikasi murid yang membutuhkannya adalah mulai dari pelajar SD hingga SMA.

Selain membuka kursus private, biasanya mahasiswa juga bisa bergabung dengan salah satu lembaga atau yang sering kita kenal dengan sebutan BIMBEL. Bimbel ini biasanya lebih terstruktur, baik dari segi jadwal maupun gaji. Jadi, selama berkuliah, Anda juga bisa bermanfaat bagi orang lain dan mendapatkan jajan tambahan.

Membuka Bisnis Jasa Penulisan

Jika Anda suka menulis, maka cobalah mengambil peruntungan dengan membuka jasa penulisan. Jasa penulisan yang dimaksud bisa berbagai macam, misalnya jasa penulisan artikel, Anda bisa mendapatkannya dengan bergabung dengan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa tesebut, lalu lamarlah pekerjaan di perusahaan tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan berbagai job penulisan yang akan ditawarkan.

ilustrasi gambar dari pexels.com

Selain itu, jasa penulisan juga ada semacam jasa tulis tugas, misalnya ada tugas di kampus Anda yang mengharuskan setiap mahasiswanya membuat makalah, Nah, jika Anda cukup baik dalam menulis dan memadu padankan informasi, ada baiknya Anda mencoba hal yang satu ini. Biasanya biaya pembuatan makalah lebih mahal dari sebuah artikel. Jadi, jangan lewatkan kesempatan yang satu ini ya.

Membuka Jasa Desain Grafis

Macam-macam bisnis saat kuliah lainnya adalah jika Anda memiliki skill di desain grafis, maka cobalah peruntungan dengan membuka jasa desain grafis, seperti jasa pembuatan brosur, spanduk, baliho, pembuatan CV atau bahkan desain power point untuk mempresentasikan hasil penelitian skripsi. Tak main – main, fee yang didapatkan melalui desain grafis ini biasanya mahal loh, jadi sangat cocok dijadikan ladang bisnis untuk mahasiswa.

Membuka Jasa Translator

Nah, jasa translator termasuk bisnis yang menguntungkan loh. terutama jika Anda menguasai bahasa asing. Banyak dari mahasiswa akhir yang membutuhkan jasa translator untuk membuat abstrak penelitian dalam bahasa inggris, Nah, jika Anda mau, Anda bisa jadikan mahasiswa akhir sebagai pangsa pasar Anda.

Membuka Bisnis  Kaos Polos

Mahasiswa biasanya kesehariannya sangat simple, Nah, salah satu pakaian yang simpel adalah baju kaos. Anda bisa berjualan dengan mudah di kampus. Bisnis yang satu ini tidak mengharuskan Anda memiliki toko loh. Anda hanya perlu membeli baju kaos di tempat yang murah dengan harga grosir lalu menjualnya kembali dengan persentase keuntungan tertentu. Pastikan juga kualitasnya oke ya.

Membuka Bisnis Jasa Pembuatan Website

Bisnis yang satu ini memang terlihat jarang, tapi bukan berarti tidak ada. Apalagi di zaman internet sekarang ini, sudah banyak online shop yang membutuhkan website yang bagus sebagai wadah promosi mereka. Nah, Anda bisa jadikan ladang bisnis nih.

Membuka Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis yang satu ini sudah sangat menjamur, tak sedikit dari mahasiswa yang menjadikannya sebagai salah satu jalan menambah uang jajan. Walaupun keuntungan yang didapat hanya sedikit, namun, bisnis yang satu ini memiliki prospek yang bagus loh, karena hampir semua orang membutuhkan pulsa, mulai untuk keperluan telpon maupun beli kuota.

Menjadi Blogger

Jika Anda suka menulis hal-hal yang menarik dan inspiratif, tidak ada salahnya mencoba peruntungan di dunia blog. Jika Anda belum memiliki dana membuat web berbayar, maka Anda bisa mulai dengan mencoba website yang gratis.

Jika blog Anda sudah terkenal, maka akan ada banyak iklan yang berdatangan, tentu hal itu akan menambah pundi – pundi Anda. Selamat mencoba ya!

Menjadi Youtuber

Saat ini memang menjadi youtuber adalah profesi banyak orang. Ada banyak orang di luar sana yang kaya mendadak hanya dengan menjadi youtuber. Sebut saja atta halilintar, ria ricis dan jess no limit. Mereka telah membuktikan bahwa menjadi youtuber bisa membuat Anda membeli rumah mewah, mobil mewah dan berbagai bisnis lainnya.

Tentu tergiur bukan? Namun, untuk menuju kesuksesan tersebut, ada banyak proses yang harus dilalui. Tentu, kerja keras dan pantang menyerah adalah kuncinya. Tak lupa pula, konten yang bermanfaat akan lebih baik untuk Anda tayangkan.

Menjadi Driver Online

Maraknya perusahaan ojek online yang berdiri di Indonesia kian membuka lapangan pekerjaan yang besar pula. Menjadi bagian dari drivernya pun tak sulit, siapa pun bisa menjadi driver online dengan memberikan lamaran pekerjaan dilengkapi dengan SKCK dan KTP. Banyak mahasiswa di selingan perkuliahan mengambil orderan sebagai driver online karena fee yang didapat lumayan untuk jajan sehari – hari. Pekerjaannya juga terhitung lebih fleksibel, Anda tak perlu bekerja jika Anda sibuk, lebih tepatnya Anda bisa kerja kapanpun Anda sempat. Seru bukan?

Bisnis Makanan Ringan

Bisnis yang satu ini juga bisa Anda terapkan loh, ada banyak jajanan masa kini yang bisa Anda jadikan bisnis yang menguntungkan. Sebut saja makaroni pedas dan mainichi yang berhasil menembus pasar mahasiswa. Makanan ringan yang satu ini sangat disukai mahasiswa karena ringan dan mudah dibawa kemana-kemana serta rasanya yang pedas.

Manfaat bisnis saat kuliah

Manfaat bisnis saat kuliah selain memanfaatkan waktu luang bagi para mahasiswa, juga dapat meningkatkan keterampilan dan kemandirian. Keterampilan tidak hanya dalam hal teknis seperti menulis, membuat design, operasional pembuatan makanan, tetapi juga mengasah keterampilan skill management dan pengaturan sumber daya seperti modal. Tidak kalah pentingnya juga mengasah kemampuan komunikasi dan presentasi bisnis karena sudah terbiasa melakukan transaksi dengan para customer. Keterampilan ini tidak secara langsung diperoleh saat di bangku kuliah. Sekalipun mahasiswa bisnis, materi komunikasi bisnis mungkin hanya satu semester saja.

Manfaat lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah membangun kemandirian. Mahasiswa menjadi lebih mengerti tentang makna pencarian uang dan lebih menghargai terhadap kiriman rutin dari orang tuanya. Jika awalnya mahasiswa tidak mau tau tentang asal muasal tambahan saldo di rekeningnya, dengan berlatih bisnis saat kuliah, ia akan mengerti apa makna Rp 1 yang digunakannya. Tentunya ini tidak mengajarkan mahasiswa untuk menjadi pelit dan kikir, melainkan sedekah yang berasal dari keringat sendiri akan lebih bermakna bukan?

Bagaimana? macam-macam bisnis saat kuliah di atas menarik bukan? Yuk berbisnis sambil berkuliah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *