8 Keuntungan Mengerjakan Skripsi di Kampung Halaman

Posted on

Merampungkan perkuliahan tentu menjadi  tanggung jawab setiap mahasiswa, terutama bila mahasiswa tersebut kuliah dengan dana yang bersumber dari orang tua. Tentu Anda sering mendengar kisah lika liku penulisan skripsi bukan? Hampir setiap mahasiswa yang hendak mendapatkan gelar sarjana harus terlebih dahulu menulis skripsi. Penulisannya pun penuh suka duka. Tak ayal, setelah semuanya rampung, rasanya seperti sebagian beban hidup ikut hilang.

Tapi, tahukah Anda, bila mengerjakan skripsi di Kampung halaman lebih efisien? Nah, berikut ini ada 8 keuntungan mengerjakan skripsi di kampung halaman. Check this out!

Hemat Biaya Penginapan

Terutama untuk mahasiswa yang tinggal di perantauan, tentu mengerjakan skripsi di kampung halaman akan mengurangi biaya penginapan loh. Jika Anda sedang dalam semester pengerjaan skripsi dan tidak ada mata kuliah lagi, ada baiknya jika Anda balik ke kampung halaman saja ya. Lumayan loh, Anda tak perlu menghabiskan biaya kos – kosan. Biaya tersebut bisa Anda alihkan ke biaya urgent lainnya seperti biaya print out skripsi atau untuk keperluan penelitian.

Hemat Biaya Makan

Salah satu dilemma anak kosan ketika dalam perantauan untuk berkuliah adalah soal makanan. Terutama jika Anda termasuk orang yang suka makan, tentu sering membeli berbagai makanan akan merogoh kocek yang tidak sedikit. Lebih lagi jika sedang mengerjakan skripsi, tentu asupan yang dibutuhkan lebih banyak lagi bukan?

Nah, sama seperti hemat biaya penginapan, dengan mengerjakan skripsi di rumah sendiri, Anda tak perlu makan di luar bukan? Cukup dengan makan masakan yang disajikan Ibu di rumah. Disisi lain, Anda juga bisa makan berkali – kali tanpa takut dengan biayanya, pasti gratis dong. Tapi, sesekali belilah sayur mayur atau ikan agar Anda tidak menjadi beban orang tua ketika pulang kampung. Menyenangkan hati orang tua akan menjadi doa yang berkah bagi Anda.

Photo by Tom Fisk from Pexels

Rindu yang Terobati

Mahasiswa di perantauan pasti tahu betul bagaimana rasa rindu keluarga dan kampung halaman bukan? Tak jarang ada mahasiswa yang setiap tahunnya rutin balik ke kampung hanya untuk mengobati kerinduan.  Alhasil ini menjadi salah satu keuntungan mengerjakan skripsi di kampung halaman bukan?

Hemat Biaya Transportasi

Nah, jika Anda mengerjakan skripsi di kampung, Anda tak perlu bersusah payah balik – balik untuk bertemu keluarga. Biaya transportasi pulang kampung yang biasa Anda gunakan bisa Anda pakai untuk kebutuhan skripsi, penelitian atau bahkan hadiah untuk Ibu.

Selain itu, jika Anda berada di kota perantauan, dapat dipastikan akan banyak perjalanan yang membuat Anda harus merogoh kocek, misalnya saja transportasi ke perpustakaan terdekat, ke kampus, ke pasar atau ke supermarket. Bahkan, sesekali bisa jadi teman dekat Anda mengajak untuk jalan-jalan sekedar refreshing, tentu biaya yang Anda keluarkan di kota perantauan semakin banyak bukan?

Menemukan Semangat Baru Tiap Harinya

Menulis skripsi tentu banyak sekali cobaannya. Mulai dari penyusunan kerangka teoritis, berbagai kajian pustaka serta metodologi dan hasil pembahasan yang sering sekali terdapat berbagai revisi dari dosen. Alhasil, tak sedikit dari mahasiswa yang merasa jenuh serta putus asa.

Jika Anda mengerjakan skripsi di kampung halaman, Anda akan mendapatkan semangat yang baru setiap harinya, mengapa demikian? Hal ini karena Anda akan selalu bertemu orang tua bahkan melihat orang tua yang bekerja untuk mencari biaya kuliah dan menyediakan makanan yang sedap untuk disantap anaknya yang sedang mengerjakan skripsi. Tentu dorongan moril seperti ini akan sangat membantu Anda dalam merampungkan skripsi.

Tidak Buang-Buang Waktu

Hal lainnya yang akan Anda dapatkan jika mengerjakan skripsi di kampung halaman adalah Anda akan menggunakan waktu lebih efisien. Semakin Anda lama di kampung halaman, semakin sering ibu Anda akan bertanya tentang skripsi. Tentu, bagi sebagian orang, pertanyaan seperti itu akan sangat mengganggu bukan? Nah, tak sedikit dari mahasiswa yang mengerjakan skripsi di kampung halamannya bisa merampungkan skripsi secara cepat kilat agar terhindar dari pertanyaan “kapan wisuda?”.

Dapat Meneliti Lebih Leluasa

Banyak dari mahasiswa yang mengambil penelitian skripsi yang berhubungan dengan kampung halamannya. Nah, jika Anda salah satunya, maka mengerjakan skripsi di kampung halaman akan menjadi keuntungan terbesar Anda. Anda akan sangat mudah melakukan berbagai penelitian, izin penelitian pun tidak seformal mahasiswa lainnya yang bukan dari daerah yang sama. Penelitian yang leluasa tentu akan membantu Anda dengan mudahnya mendapatkan data yang dibutuhkan.

Tidak Terlalu Dapat Banyak Revisi

Hal yang paling tidak disukai mahasiswa adalah revisi, Anda setuju bukan? Revisi ini ibaratnya adalah sesuatu yang sudah dilakukan tapi tak dianggap. Yap, Anda harus menulis ulang atau mengubah sesuatu yang sudah Anda buat. Bisa jadi hal tersebut sangat sulit, sehingga tak sedikit dari mahasiswa yang mendapatkan revisi menjadi terpuruk atau kehilangan semangat.

Tapi, jangan takut, ada beberapa dosen yang memberikan kelonggaran bagi mahasiswanya jika berada jauh dari dosen tersebut. Saat ini, dengan berbagai kecanggihan teknologi, tak sedikit dari dosen pembimbing yang memberikan inisiatif konsultasi melalui media sosial seperti google mail. Selain hemat kertas untuk print out, model seperti ini cenderung akan mengurangi revisi dosen terhadap karya tulis Anda loh.

Nah, bagaimana teman – teman? Apakah Anda setuju dengan 8 keuntungan mengerjakan skripsi di kampung halaman di atas? Jika Anda merasa akan lebih cepat merampungkan skripsi di kampung halaman, maka bergegaslah balik ke kampung. Jika tidak, maka bergegaslah merampungkannya di kota perantauan, lalu segeralah balik dengan mengantongi ijazah yang didambakan orang tua. Ayo semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *