Video 5 : Membongkar rahasia mendeley

Posted on

Mendeley merupakan aplikasi pengaturan referensi sekaligus jaringan sosial bagi para akademis seperti mahasiswa, dosen, dan peneliti. Mendeley memudahkan penulis untuk mencantumkan daftar pustaka sekaligus membuatnya sesuai dengan format yang diharapkan oleh gaya selingkung jurnal yang dituju. Tidak perlu kekuatiran akan daftar pustaka yang lupa dicantumkan membuat penulis bisa dengan fokus memikirkan alur pikir dalam penulisan tersebut.

Kelebihan Mendeley

Mendeley bukan satu satunya software yang membantu pengaturan referensi. Setidaknya ada Zotero dan EndNote yang menjadi pesaing dari aplikasi ini. Namun mendeley menarik perhatian karena aplikasi ini free (EndNote berbayar) dan apabila dibandingkan dengan Zotero yang juga sama sama gratis, Mendeley menawarkan beberapa keunggulan seperti memberikan space yang lebih banyak. Perbandingan mendeley dengan Zotero bisa anda baca di : Zotero versus Mendeley Comparison

Beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh mendeley adalah:

Mendeley Free download

Kita bebas mendownload dan menginstal mendeley, karena hingga saat ini register mendeley masih bersifat gratis atau free. Ini bisa menjadi sebuah kelebihan dan kekurangan. Kekurangannya bahwa kita tetap tidak bisa mengakses artikel jurnal yang berbayar karena pada hasil pencariannya mirip dengan pencarian scholar google. Disaat artikel yang dimaksud adalah artikel dari jurnal berbayar, maka mendeley hanya memberikan link untuk artikel tersebut, atau biasanya hanya menampilkan abstrak.

Tapi tak perlu dikuatirkan karena pada saat ini sudah tersedia banyak sekali open access journal yang dapat menjadi alternatif pilihan dalam mencari referensi. Kualitasnya pun tidak kalah dengan jurnal yang berbayar. Bahkan open access ini diyakini akan terus berkembang karena dukungannya semakin kuat baik skala nasional maupun internasional.

Mudah digunakan

Mendeley sangat mudah digunakan dan kompatibel dengan aplikasi umum di microsoft dan mac. Meskipun tidak dapat dikatakan 100 persen akan berhasil, saya biasa menjumpai kegagalan install terjadi apabila pemilik laptop tidak memiliki OS windows yang asli sehingga banyak sekali file yang corrupt dan perlu tambahan.

Pada tampilan utama mendeley seperti sudah terintegrasi oleh pdf reader. Disana kita bisa langsung melihat artikel tanpa harus membuka tambahan aplikasi lain. selain itu, kita bisa mengedit langsung meta data pada file tersebut seperti judul artikel, nama penulis, no jurnal, tahun dan sebagainya. Edit metadata ini memang diperlukan karena apa yang tertera dalam metadata tersebut nantinya akan muncul di daftar pustaka.

Kata mudah digunakan tidak hanya saat pengoperasionalannya saja, melainkan mendeley melengkapi profile penulis yang bisa berkolaborasi dengan penulis lainnya untuk saling bekerja sama dan saling tukar referensi. Hal ini menjadikannya mendeley seperti media sosial tapi bersifat ilmiah.

Mencari literatur lewat Mendeley

Sebagai fungsi asal dari software ini, mendeley dapat digunakan untuk mencari literatur layaknya scholar google. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, memang terkadang kita menjumpai artikel yang bebrabayar sehingga tidakbisa mengaksesnya. Setidaknya ada dua cara untuk  mencari literatur lewat mendeley

Mencari langsung

Pada bagian pencarian atau search, kita cukup mengetikkan kata kunci artikel yang akan kita cari. Setelah artikel kita temukan, kita bisa langsung menarik artikel tersebut/ drag ke folder yang kita inginkan untuk disimpan. Folder ini bertujuan untuk pengelompokkan saja. Dan selanjutnya kita pun melanjutkan pencarian artikel lain dengan membuka buka file layaknya sedang membaca buku.

Mencari melalui browser

Mendeley memiliki addons untuk browser seperti mozilla, firefox, dll agar bisa melakukan pencarian artikel melalui browser tersbeut. Saat kita sedang asik browsing dan menginginkan menyimpannya, maka cukuplah mengklik tanda mendeley dan meletakkan di folder yang kita inginkan. Artikel tersebut akan tersimpan dan masuk dalam database mendeley di komputer.

Untuk lebih detilnya  tentang pengunaan mendeley dalam mengorganisasikan daftar pustaka, berikut adalah video praktek langsung penggunaan mendeley.

Cara mendaftar dan membuat akun

Tentang cara mendaftar dan register akun sangatlah m udah. Install mendeley free download dan klik tombol register setelah anda membukanya, jika belum meiliki akun, seterusnya ikuti langkah demi langkahnya. Namun jika masih perlu panduan, silahkan membaca dan melihat video tentang register akun mendeley di blog ini.

Demikian, Terima kasih

Gravatar Image
Menjadi blogger untuk bisa memperluas pengetahuan, belajar, banyak teman serta menjadi sarana penyaluran hobi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *