[Video]: Bagian 3. Membuat Paragraf yang koheren

Posted on

Seorang penulis yang baik mampu membuat paragraf yang koheren dimana setiap paragrafnya hanya ada satu topik saja. Tidak hanya itu, semua topik dalam paragraf tersebut tetap berkaitan dengan baik sehiingga pembaca dapat segera menangkap apa yang menjadi ide penulis.

Terkadang kita memiliki banyak ide dalam waktu yang bersamaan sehingga segera menuliskan keseluruhan ide tersebut dalam satu paragraf. Hasil akhirnya, tulisan hanya akan berakhir satu atau dua paragraf. Hal ini disebabkan karena otak kita mengingat kata kunci saja dan tidak mau melupakan informasi penting tersebut. Sehingga yang keluar dari pikiran dan ditransfer melalui tangan hanyalah kata kata singkat.

Padahal jika kita jabarkan lebih detil, setiap kata kunci yang disampaikan tersbeut dapat dijabarkan menjadi beberapa paragraf dengan menambahkan data, opini orang lain, dan kelihaian penulis membuat kalimat kompleks.

Berikut adalah video tentang bagaimana membuat paragraf yang koheren:

video membuat paragraf yang koheren

Kuncinya adalah membaca kembali apa yang sudah ditulis. Jangan sungkan untuk memberikan hasil tulisan kepada orang – orang terdekat untuk memberikan masukan. Tanyakan kepada mereka apakah ide pokok dalam tulisan tersebut berhasil tersampaikan atau belum, setelah mereka membacanya. Dengarkan kesan pertama mereka dan jangan komentari terlebih dahulu karena kalimat awal mereka merupakan respon murni tentang tulisan tersebut.

Banyak penulis yang tidak percaya diri karena memiliki kemampuan menulis yang terbatas. Kepercayaan diri akan semakin tumbuh jika sering mendiskusikan gaya bahasa masing – masing dengan rekan kerja atau kerabat dekat.

Selamat belajar!

Gravatar Image
Peneliti bidang sosial ekonomi pertanian. Pernah bekerja di bidang supply chain. Detil info silahkan kunjungi laman about me.