[Video] : Bagian 2. Cara Menjelaskan Tabel atau Grafik dalam Karya Tulis Ilmiah

Posted on

Tabel dalam karya tulis ilmiah memiliki peranan yang penting. Tabel merupakan sumber data yang dibahas dalam artikel ilmiah tersebut. Biasanya narasi tulisan sebelum atau sesudah tabel menjelaskan isi dari tabel.

Tabel atau grafik merupakan informasi yang bersifat visual sehingga pembaca akan segera menangkap informasi yang di dalam tabel atau grafik ketimbang membaca isi seluruh text. Bahkan, sebagian orang cukup membaca tabel untuk mengetahui arah dari penulisan karya ilmiah tersebut.

Karena grafik atau tabel memiliki fungsi yang sama dengan text narasi yang ditulis, maka perlu strategi agar tidak terjadi tumpang tindih atau double informasi antara tabel dengan narasi itu sendiri.

Mari simak tips singkat bagaimana menjelaskan tabel atau grafik dalam penulisan karya ilmiah sebagai berikut:

Nah, sekarang silahkan buat beberapa paragraf untuk menjelaskan gambar dan tabel di bawah ini:

gambar-impor [Video] : Bagian 2. Cara Menjelaskan Tabel atau Grafik dalam Karya Tulis Ilmiah KTI karya tulis ilmiah
tabel-responden-665x1024 [Video] : Bagian 2. Cara Menjelaskan Tabel atau Grafik dalam Karya Tulis Ilmiah KTI karya tulis ilmiah

Perlu diperhatikan data data dalam tabel adalah amunisi kita dalam menyajikan sebuah karya tulis ilmiah. Sebaiknya kita tidak meyajikan data sekaligus dalam satu view. Hal ini akan menyulitkan kita melakukan pembahasan. Jadi tampilkan data secara berurutan dan sajikan pembahasan dengan literatur yang menguatkan. Jika kita bisa menyajikan secara berurutan dan teratur (keluarkan data paling penting dalam klimaks karya tulis) maka pembaca akan menikmati secara utuh ide dan argumen yang disajikan oleh penulis.

Sekarang, coba perhatikan data yang dikeluarkan oleh BPS ataupun instansi pengumpul data (produksi, perdagangan, inflasi, dll). Di sana terdapat banyak sekali ide yang bisa anda kembangkan untuk menjadi salah satu karya tulis ilmiah.

Ingat, bahwa menulis adalah suatu kemampuan yang perlu diasah. Semua orang mungkin tau tentang cara menulis A sampai Z, tapi sedikit yang bisa mengolahnya menjadi sebuah buku. Semua orang mungkin tau tentang rumus rumus excell dalam perhitungan MS office, tapi sedikit diantara mereka yang bisa membuat database sistem atau analyzed tools. Banyak orang mungkin membaca dan menonton video ini, tapi sedikit sekali yang bisa menerapkan dan mengkonversi data sekunder menjadi sebuah karya tulis ilmiah.

Selamat Belajar!

Gravatar Image
Menjadi blogger untuk bisa memperluas pengetahuan, belajar, banyak teman serta menjadi sarana penyaluran hobi.