Buku: Tutorial dan Solusi Pengolahan Data Regresi

Buku ini memang bukan untuk pembaca awam yang belum belajar tentang regresi. Karena 100 persen pembaca yang datang di blog catatan budi adalah mereka yang menghadapi permasalahan dengan data dan analisis regresi. Yang artinya, mereka telah memiliki pengetahuan dasar tentang regresi. Biasanya diperoleh di bangku kuliah.

Oleh sebab itu, buku ini tidak disusun berdasarkan runutan awal pengertian regresi seperti buku regresi pada umumnya. Namun buku ini disusun dari beberapa artikel yang berdiri sendiri namun masih memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Masing masing bab membahas tentang permasalahan khusus yang sering dijumpai selama pengolahan data menggunakan regresi. Bagian terpenting dari sudut penulis adalah pembaca mampu memahami secara konsep apa itu  R squared, sehingga mampu menghadapi persoalan regresi apapun jenisnya.

Artikel dalam buku ini memang sudah terbit di blog catatan budi. Namun, tidak semua orang ternyata bisa menemukan dan membaca keseluruhan bab secara utuh. Sehingga terkadang mereka masih menanyakan suatu hal yang sebenarnya sudah dijelaskan di artikel yang lain. maka, penulis menyusun buku ini agar semua informasi yang pernah disampaikan hanya dalam satu genggam pembaca dan tak perlu kuatir ada miss informasi.

Mengapa harus membaca buku ini? Bukankah sudah cukup membaca di blog catatan budi?

Pertama, saat anda mengakses blog catatan budi tentunya harus mengandalkan jaringan internet. Syukur jika anda mengakses di kampus dengan wifi secara gratis. Namun jika ternyata terjadi gangguan pada provider atau kuota data tidak mencukupi saat mengakses di tengah malam?

bukuregresi01 Buku: Tutorial dan Solusi Pengolahan Data Regresi regresi
Tutorial & Solusi Pengolahan Data Regresi

Kedua, pemilik blog dan penyedia hosting meskipun sampai sekarang masih konsisten menjaga blog ini tetap aman, tapi tetap tidak bisa meberi janji apa yang akan terjadi di masa mendatang. Bagaimanapun semua informasi di internet tergantung dari koneksi server. Bahkan, terkdang malam malam pemilik blog melakukan maintenance sehingga untuk sementara blog tidak bisa diakses.

Selanjutnya, efek yang lebih buruk adalah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan sehingga website down atau malah tutup. Entah itu terserang hacker, atau pemiliknya memiliki kesibukan lainnya. Maka mempublikasikan artikel dalam bentuk hardcopy dirasa sangat penting bagi penulis itu sendiri. Tentu juga bagi anda sebagai pembaca yang kemungkinan menjumpai regresi tidak hanya dibangku kuliah, melainkan saat penelitian ataupun dunia kerja yang membutuhkan analisa data.

“Ketika anda memegang buku ini, informasi tentang regresi akan diperoleh secara lengkap tanpa harus diganggu oleh jaringan internet, konektivitas server, website down atau website tutup”

Dari sisi konten, gambar yang ada di buku lebih jelas dibandingkan di blog catatan budi, dan tanpa ada watermark. Selain itu, membaca artikel di buku tentu tidak diganggu oleh iklan. Jadi, anda bisa tenang belajar dirumah dan fokus dengan data untuk menghasilkan laporan yang berkualitas.

Artikel menarik lainnya  Kenali tujuan menulis bagi peneliti

Jadi, apa istimewanya membeli buku ini?

Buku ini hampir secara keseluruhan membahas tutorial pembedahan data. Penggunaan softwarenya pun tidak memihak; SPSS, minitab, Stata, bahkan lisrel, diuji coba dan dipaparkan kelebihan kelebihannya. Setiap tutorialnya disertai dengan bukti hasil operasinya dan pembaca dapat mengikutinya dengan mendownload data mentah yang telah disediakan.

Perlu kita ketahui bahwa kasus yang terjadi saat mengolah data regresi begitu beragam, tidak bisa disamaratakan. Untuk itulah pentingnya membaca dan mengikuti tutorial dalam buku ini agar mampu berkreasi saat menemukan permasalahan data regresi.

Beli atau tidak?

Itu tergantung anda. Kepuasan penulis sudah tercapai dengan menoreh nama disebuah buku. Harapannya semoga buku yang ditulis dari berbagai inspirasi, sumber, dan pelatihan ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dan mampu berpartisipasi dalam peningkatan kualitas karya tulis ilmiah di Indonesia terutama dalam hal pengolahan data.

Oh iya, saya mempercayakan buku ini kepada penerbit online untuk memudahkan pembeli itu sendiri. Karena domisilii saya di Indonesia Bagian Timur, sangat tinggi biaya operasional jika langsung saya handle (biaya pengiriman akan bengkak). Oleh sebab itu, saya putuskan untuk menyimpannya di toko buku online dan bisa diakses oleh siapa saja kapan saja dimana saja (asalkan masih ada sinyal internet).

Bagi yang mau memesan bukunya, silahkan klik link dibawah ini:

Pesan Buku Tutorial Regresi

Demikian, Terima Kasih.

Selamat Belajar!

Bantu Share ya..!
Tags: