contact meTerima Kasih sudah berkunjung dan berkontribusi

Cara mengaktifkan addins data analysis di Excell

Kita tentunya sudah tidak asing dengan software analysis data seperti SPSS, Minitab, Stata, SAS dan lainnya yang merupakan software terkemuka untuk pengolahan data. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga tidak jarang bagi kita pernah mencoba kesemua software tersebut.

Namun, apakah diantara kalian pernah melakukan analysis data di excell?

Ternyata excell selain berfungsi sebagai input data, yang sering dilakukan kebanyakan peneliti, juga bisa melakukan analisis data dengan hasil persis sama seperti yang dilakukan oleh software analisis lainnya.

Excell menyediakan fitur addins yang bisa dikembangkan lebih luas untuk keperluan lainnya. Salah satu addins yang pernah saya bahas adalah Multidimensional scaling atau biasa disebut sebagai rapfish.

Selain rapfish ternyata excell juga bisa melakukan alat analisis lainnya seperti uji statistik dasar, uji beda, annova hingga regresi. Saya menilai bahwa alat analisis ini cukup bisa digunakan untuk mahasiswa yang tengah melakukan tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjananya.

Berikut tampilan beberapa pilihan yang diberikan oleh addins data analysis di excell:

data-analysis-excell Cara mengaktifkan addins data analysis di Excell statistik excell addins analysis
pilihan beberapa uji statistik di addins data analysis

Cara mendapatkannya sangat sederhana, yaitu anda hanya mengaktifkan addins yang sudah bawaan dari sofware excell ini. Addins ini ada di tab data sebelah pojok kanan.

01-3 Cara mengaktifkan addins data analysis di Excell statistik excell addins analysis
letak addins data analysis di excell

Adapun Cara menampilkannya adalah: klik file – option. Kemudian pilih addins pada windows yang akan muncul, dan selanjutnya pilih analysis Toolpak, dan klik Go. Kemudian beri tanda centang pada analysis Toolpak lalu klik OK. Kemudian periksa pada tab data dan pastiam addins ini sudah seperti gambar diatas.

Atau, anda bisa melihat video singkat dibawah ini tentang cara mengaktifkan addins data analysis excell.

Kelebihan addins data analysis di Excell

Berbicara mengenai kelabihan dari fitur ini adalah bahwa fitur ini tentunya dapat digunakan oleh kalangan yang lebih luas dibandingkan software statistik lainnya. Siapa sih pelajar dan mahasiswa yang tidak mengenal microsoft excell?

Running aplikasinya juga tidak berat. Sangat ringan dan output yang dikeluarkan juga detil. Misalnya pada uji t berpasangan dan tidak berpasangan, disana detil terlihat adanya nilai t hitung dan t tabel untuk satu arah dan dua arah.

Artikel menarik lainnya  Mengulas Rapfish dan Multidimensional Scaling di Aplikasi R

Kekurangan addins data analysis di excell

Data analysis di excell dapat dikatakan simple, namun dari sisi keputusan uji statistik masih harus ditentukan oleh pengguna software. Output yang terlihat memang detil, namun tidak otomatis mengeluarkan hasil bahwa uji yang kita lakukan signifikan dibawah 5% atau tidak. Keputusan menolak H atau menolak H1 pun tidak dijelaskan dengan gamblang. Sehingga, peneliti harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang uji yang dilakukan sebelum melakukan analisa statistik di addins ini.

Berbeda dengan minitab atau spss, biasanya dibawah tabel ada keterangan bahwa uji tersebut signifikan dibawah 5% atau tidak. Sehingga tanpa mengetahui teori tentang uji yang dilakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan dari membaca output yang dikeluarkan.

Kekurangan selanjutnya terletak kepada variasi output. Karena addins ini tambahan fungsi dari excell, tentunya hasil yang dikeluarkan tidak sebaik dari software yang khusus mengupas tentang analisis data. Tampilan grapik tidak dilengkapi oleh addins ini, sehingga dalam menjelaskan penjabaran yang lebih lanjut masih memerlukan software statistik lainnya.

Terima kasih telah berkunjung, selamat belajar

Bantu Share ya..!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *