Custom Search

AHP Aplikatif : Memilih Jurusan dan Universitas

Kita biasanya menganggap statistik itu hanya bahan perbincangan kuliah. Padahal, statistik merupakan cerminan dari kehidupan sehari-hari. Pengambilan sample yang kemudian dianalisis dan diharapkan mampu merepresentasikan populasi. Namun, pembahas biasanya pun menekankan dari sisi pemrosesan data, sehingga anggapan yang seharusnya keliru itu menjadi lumrah berkembang di kalangan siswa atau mahasiswa.

Memilih Jurusan dan Universitas. Inilah buku atau brosur yang pertama kali saya buat. Tujuan utama dari buku ini adalah untuk mengajak siswa lulusan SMU sederajat agar tidak binigung dalam mencari jurusan dan Universitas. Saya alhamdulillah tidak mengalami kebingungan yang saya maksud sebelumnya. Namun, saya banyak menjumpai teman yang saat kuliah merasa salah memilih sehingga tidak konsentrasi dalam menuntut ilmu, bahkan ada yang beberapa kali pindah jurusan dan kampus. ada juga yang berakhir tragis tidak bisa melanjutkan perjalanan kemahasiswaannya.

Hal ini tentu tidak akan terjadi jika siswa lulusan SMU melakukan pertimbangan yang matang. Nilai grade jurusan atau universitas seolah menjadi tolok ukur keberhasilan siswa yang masuk perguruan tinggi. Padahal, selain nilai – nilai kuatitatif tersebut ada nilai kualitatif yang mungkin tidak bisa dihitung namun bisa sangat dirasakan oleh pribadi siswa tersebut dengan sengaja atau tidak sengaja.

Buku inilah akhirnya saya tulis. Niat awal sebenarnya saya tidak ingin membuang catatan – catatan selama kuliah. namun saat itu saya belum mengenal blog dan belum tau cara menyimpan via cloud atau penyimpanan modern lainnya. Sehingga saya pun berinisiatif untuk membuat buku yang bisa juga digunakan menyimpan memori materi yang telah saya pelajari.

Buku ini berisi tentang langkah-langkah penentuan keputusan berdasarkan kualitatif. Saya tidak menjamin bahwa buku ini merupakan buku yang sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh siswa yang baru lulus sekolah. Tentu saya tidak bisa menyamakan pola pikir ribuan siswa yang baru saja lulus sekolah. Namun saya berharap buku ini dapat berguna hingga 10 tahun mendatang atau lebih, karena buku ini memuat teori ilmu, bukan motivasi yang berlatar belakang dari keadaan seseorang sehingga kondisi tahun ini mungkin akan berbeda dengan kondisi tahun sebelumnya.

Baca Juga  Solusi Rencana Produksi Terhadap Harga Pokok Produksi dengan Linier Programming

Harga di buku ini tidak mencerminkan isi dari buku. Terus terang harga ini saya cantumkan karena saya sendiri tidak bisa mensetting bagaimana mencantumkan harga gratis/free, sehingga dengan terpaksa saya mencantumkan harga yang saya harap tidak memberatkan.

Materi AHP bukan hanya di buku ini saya terangkan, namun juga saya pernah mengulasnya di artikel blog ini. silahkan saja anda search di bagian bawah blog ini, atau telusuri pengelompokan pojok statistik.

link buku:  Memilih Jurusan dan Universitas

Semoga Bermanfaat

  • Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article.
    I will make sure to bookmark it and return to read
    more of your useful information. Thanks for the post. I will definitely return.

    • agung

      thanks for your comment. i’ll do better