Multidimensional Scaling Part 3

Posted on

Setelah anda siap dengan aplikasi dan data, mari kita mulai menggunakan software Multidimensional Scaling. Memang terkesan panjang tutorial ini, namun jika anda tidak mengikutinya dengan baik akan ada error yang menimbulkan anda tidak dapat menggunakan tools ini.

Baik, gambar dibawah ini adalah data yang saya miliki, data yang akan saya gunakan sebagai contoh latihan di part ketiga ini,  lebih jelas cara mengedit data ini ada di part 2 sebelumnya.

Nilai good dan nilai bad ada yang nilai 0 dan 5, ini artinya skala yang digunakan ada 2 macam. Ada yang nilai maksimal (nilai 5) dianggap good, ada juga nilai 5 tersebut dianggap bad. Contoh variabel nilai bad misalnya populasi serangan hama. Kita tentunya sepakat bahwa semakin tinggi nilai hama yang menyerang maka dikatakan semakin bad.

Selanjutnya kita membuka aplikasinya. Anda bisa membaca kembali part 1. Baik, akan saya coba ingatkan dengan singkat cara membuka software MDS ini.  Pertama buka file 1_6, kemudian pilih file-option-addins-update addins di tempat folder penyimpanan-pilih file 1_6. Kemudian buka dari file tersebut file excellnya (biasanya nama filenya : RedSea). Saya menggunakan 1 folder tersebut untuk 1 worksheet. Jika ada 4 latihan maka saya copikan semua folder baru kemudian mengedit file redsea. Anda bisa saja tidak melakukan apa yang saya kerjakan, namun pengalaman saya jika saya menggunakan addins diluar folder, nanti akan muncul pesan : “Bad Parameter”.

Ok, kita buka filenya dan kemudian kita ke sheet RapScores. Kita memindahkan data yang kita punya sebelumnya ke sheet ini.

Susun data yang anda miliki seperti gambar diatas ini. Tidak perlu bingung. Akan saya jelaskan mendetil disini. Baris 2 sampai 4 saya rasa anda sudah mengetahuinya. Itu adalah data nilai skala yang kita miliki. Kemudian di baris 7 adalah nilai good dari semua variabel diatas, agar lebih memudahkan, baris good diberi arsiran warna merah. Baris 8 merupakan nilai bad dari semua variabel, tidak diberi arsiran.

Baris 9 (Up) merupakan baris yang terdiri dari setengah variabel pertama bernilai good (diarsir merah) dan setengah kemudian bernilai bad (tidak diarsir). Caranya copikan saja nilai good dari var0 sampai var4, dan copikan nilai bad dari var5 sampai var9. Sebaliknya baris 10 (down) berisi setengah variabel pertama berisi bad, dan setengah variabel setelahnya berisi good.

Kemudian mulai dari baris 11 dan seterusnya kita akan membuat anchor. Anchor ini nanti akan berbentuk lingkaran dan membatasi semua attribut (dalam hal ini kab A,B, dan C) yang nantinya akan menentukan dimana letak attribut tersebut. Dimulai dari bari 11 ini kita hitung kebawah seperti pada kolom C.

Anchor unit ini dapat dibuat dengan cara mengcopikan nilai good, kemudian secara bertahap ke baris bawah satu persatu dari cell paling kanan berubah menjadi nilai bad. Namun perlu diperhatikan untuk nilai tengah (pada kolom H dan I) dibuat sejajar. Kemudian setelah tinggal satu cel yang bernilai good, pada baris 18, maka cell paling kanan mulai diganti lagi dengan nilai good. Terus begitu sampai cell paling kiri nantinya nilai bad dan sissanya nilai good.

Cara paling mudah adalah mengingat bahwa arsiran warna merah berisi nilai good, dan yang tidak diarsir berisi nilai bad.

Selanjutnya di tab addins pada excel kita klik Rapfish. Lalu muncul windows rapfish sebagai berikut

Screenshot diatas adalah aplikasi MDS. Kita akan mengganti nilainya sesuai data yang kita miliki. Agar lebih mudah gambar tersebut saya tambahkan nomor dan akan saya jelaskan satu satu sesuai data yang sudah kita miliki saja agar bisa mudah dimengerti

  1. Adalah number fisheries, dalam hal ini kita isikan 3 sesuai jumlah kabupaten (A, B, dan C)
  2. Kabupaten tersebut kita isi di excel dimulai dari baris 2, sehingga kita isikan nilai 2
  3. Nilai fisheries tersebut berada di kolom A, sehingga kita isikan A. berarti bisakah kita mengatur di sheet Rapscores fisheriesnya di kolom lain? Sangat bisa, disesuaikan saja sesuai kondisi dan windows Rapfishnya harus sama.
  4. Nilainya 4 yang berisi Good, bad, Up, dan Down
  5. Masing masing nilai reference tersebut berada di row/baris keberapa? Isikan masing-masing. Nilai good berada di baris 7, bad 8, Up 9, dan Down 10.
  6. Kita hitung berapa baris anchors yang kita butuhkan yang kita buat di kolom C. pada latihan ini kita membutuhkan 15. Isikan 15.
  7. Anchors pertama di baris apa? Kita isikan 11 karena anchors pertama berada di baris 11.
  8. Jumlah atribut. Atau yang biasa kita kenal jumlah variabel. Kita isikan 10, karena kita menggunakan 10 variabel. sebaiknya jumlah attribut/variabel ini minimal sebanyak 2 kali dari jumlah fisheries.
  9. Variabel tersebut berawal di kolom D.

19. untuk nilai montecarlo berapa ulangan yang ingin kita kehendaki. Disini saya isikan 5 saja

20. isikan nilai 20.

21. saya isikan cellkosong dari kiri ke kanan 68, 96, 68 dan 96.

 22. fungsi save dan get ini adalah untuk menyimpan settingan kita, jika kita tidak menyimpan settingan di windows ini, kita akan memasukkan kembali angka angka tersebut secara manual jika kita akan mengulang run software. Misal kita akan menyimpannya di fike param2.txt, kemudian klik save. Dan nanti jika kita akan memanggil settingan tersebut, kita cukup menulis param2.txt dibawahnya, dan kemudian klik Get.

Langkah selanjutnya adalah klik Run Rapfish

Klik Run Leveraging

Dan Klik Run Montecarlo.

Kita lihat hasilnya di masing-masing sheet.

 

 

Hasilnya sudah terlihat. Tugas terakhir kita adalah membaca hasil dari MDS tersebut yang akan saya jelaskan di part terakhir nanti.

Bersambung : Multidimensional Scaling Part 4

Terima Kasih telah berkunjung

Gravatar Image
Menjadi blogger untuk bisa memperluas pengetahuan, belajar, banyak teman serta menjadi sarana penyaluran hobi.

18 thoughts on “Multidimensional Scaling Part 3

  1. pak, di keterangan pengisian rapfsih yang nomer 21 kenapa diisi 68, 96, 68 dan 96 ya? sedangkan pada row trsbt sepertinya tdk ada pengisian. mohon pencerahannya, terimakasiiihhh

    1. Maksudnya itu bukan input, tapi letak emin dan emax hasil rapfishny (letak output). Setelah di run, coba lihat bagian bawah, nanti akan diisi oleh angka angka. Terima kasih

      1. maaf mau nny lg, nilai emin dan emaxnya apakah harus dirubah sesuai emin dan emax saya atau memang dibiarkan saja seperti di awal buka rapfishnya? krn kan itu sebelumnya sdh ada isiannya dr awal download. terimakasiiihhh pakkk

  2. Malam pak. Saya mahasiswi yang sedang melakukan tugas akhir/skripsi menggunakan rapfish. Apa boleh saya bertanya dan berdiskusi mengenai rapfish? Terima kasih pak.

    1. Tentu saja boleh mbk. Tapi jika menggunakan comment disini, pastinya akan slow response. Sebaiknya mbk buka contact me untuk menggunakan media yg lain. Thanks

  3. Pak, saya sudah coba ikuti cara Bapak pakai data saya sendiri. Tapi pas running data malah gagal, tertulisnya saya hrs cek data dan parameternya. Out of range katanya. Bapak pernah mengalami hal begini? Kira2 salahnya saya dmn ya?

    1. iya mbk ika…saya pernaj mengalami hal demikian. artinya ada data yang mbk masukan keluar dari rangenya. coba cek lagi pervariabel. ada 2 kemungkinan; pertama salh identifikasi nilai min dan max, yang kedua ada nilai di variabelnya yang keluar dari rangenya..misalnya nilai maxnya 10 tapi ada nilai 11.
      terima kasih

  4. “Nilai good dan nilai bad ada yang nilai 0 dan 5, ini artinya skala yang digunakan ada 2 macam. Ada yang nilai maksimal (nilai 5) dianggap good, ada juga nilai 5 tersebut dianggap bad. Contoh variabel nilai bad misalnya populasi serangan hama. Kita tentunya sepakat bahwa semakin tinggi nilai hama yang menyerang maka dikatakan semakin bad”. Mas agung saya mau bertanya soal pernyataan tersebut, seandainya pertanyaan yang menyatakan sebuah variabel pilihan jawabannya saya atur sedemikian rupa sehingga sekalanya tidak 2 macam artinya tetap untuk nilai good = 5 dan bad = 0. Apakah untuk baris 7 itu nilainya 5 semua dan baris 8 untuk bad nilainya 0 semua. Selanjutnya bagaimana dan adakah ketentuan untuk menentukan jumlah variabel yang diberi nilai good (5) dan bad (0). Adakah ketentuan seberapa banyak jumlah baris anchor yang harus dibuat atau adakah batasan menentukan susunan nilai anchor ?

    1. 1. jika semua variabel disetting 5 good dan 0 bad, maka lebih mudah. baris ke7 dan dan 8 nilainya akan seragam semua.
      2. tidak ada beda jika variabel disetting 1 macam atau 2 macam seperti yg disebut tadi. sy menjelaskan software ini bisa diisi 2 model variabel u menunjukkan sofware ini flexibel dibanding yg lain.
      3. jumlah baris u anchor menyesuaikan jumlah variable. s4makin banyak variabel akan semakin byk pula baris ke bawah. ikuti saja prosedur dan cara mainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *