Custom Search

Metil Eugenol : Pengendali Lalat Buah

Memiliki satu pohon cabai rawit dan berbuah adalah suatu anugrah dimasa krisis cabai saat ini. Bayangkan saja kenaikan harga cabai rawit hingga 100 ribu perkilogram.
Namun, terkadang hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Tatkala kita menunggu memetik hasil cabai rawit dari pekarangan, ternyata cabai diserang oleh lalat buah seperti cabai yang saya miliki (gambar). Saat memetik hasil cabai di pekarangan, saya menjumpai buah cabai membusuk. Aksi yang saya lakukan adalah langsung mendokumentasikan dan berkonsultasi dengan ahli hama di lingkup kantor pertanian. Terus terang saya baru mendengar lalat suka makan cabai. Biasanya yang saya jumpai lalat menyerang pohon berbuah seperti belimbing, jambu, dan lain-lain.

Tidak mau kehilangan hasil produksi cabai untuk menunjang program swasembada cabai tingkat rumah tangga, saya pun melakukan pencegahan dengan memasang perangkap lalat buah.
Gunakan metil eugenol sebagai pemikat lalat buah. Metil eugenol bisa diperoleh di toko pertanian terdekat dengan nama merk yang berbeda beda. Apapun merknya pastikan kandungannya tertulis metil eugenol. Metil eugenol merupakan zat yang cepat menguap dan melepaskan aroma wangi. Zat ini merupakan zat yng dibutuhkan lalat jantan untuk dikonsumsi. Maka, jika lalat buah jantan mencium aroma metil eugenol,  lalat tersebut akan berusaha mencari sumbernya dan mengkonsumsinya. Radius aroma metil eugenol ini bisa mencapai 20 – 100 m.
Yuk langsung saja aplikasinya.
Pertama, siapkan bahan, botol bekas, kapas, isolatif/lakban, cairan metil eugenol, pisu/gunting.
Selanjutnya potong bagian atas botol bekas dengan cutter atau gunting.


Celupkan kapas kedalam cairan metil eugenol, kemudian rekatkan di dinding dalam bagian badan botol


Masukkan mulut botol ke dalam badan botol


  • Isi dasar botol dengan air agar sayap lalat yang menyentuhnya akan lengket dan akhirnya terperangkap di dalam air.

bisa diletakkan disekitar pertanaman hortikultura dan buah-buahan.
Alat perangkap ini sangat sederhana namun memiliki kelebihan yang menjamin menangkap lalat buah penghambat produksi cabai. Selain itu, terjamin dari segi keamanan karena perangkap yang mahal dan bentuknya yang menarik sering hilang dicuri orang. Namun, sering sering diganti karena air akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  • Risma

    Siiiippp Kereeeennn..tambahin Gambar methyl eugenol nya juga dong..biar petani bisa bisa tau bentuk methyl eugenolnya kayak apa..

    • agung

      Terima kasih sarannya bu..insya allah akan ditindak lanjuti..