Custom Search

Pengaruh Luas Lahan dan Pupuk Bersubsidi Terhadap Produksi Padi Nasional

Sebuah artikel di dalam Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, vol 20 no 3 tahun 2015. Artikel ini merupakan artikel pertama yang publish.Berikut adalah cuplikan abstraknya:

“Beras telah menjadi bahan pokok mayoritas penduduk Indonesia. Terwujudnya swasembada beras masih terus menjadi prioritas pemerintah hingga tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor luas lahan dan pupuk bersubsidi yang memengaruhi produksi padi secara nasional dan analisis deskripsi mengenai faktor yang memengaruhi produksi padi tersebut yang meliputi penyebaran dan proporsi di masing-masing pulau besar di Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder berasal dari statistik pertanian tahun 2013 yang dikeluarkan oleh Pusat Data dan Informasi Pertanian Kementerian Pertanian. Data tersebut diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh bahwa produksi beras secara nasional dipengaruhi oleh luas lahan sawah, realisasi pupuk urea bersubsidi, realisasi pupuk SP-36 bersubsidi, dan realisasi pupuk ZA bersubsidi. Semua faktor tersebut inelastis terhadap produksi padi baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Pulau Jawa dan Bali memiliki proporsi tertinggi dalam semua faktor yang memengaruhi produksi padi tersebut”

Inti dari artikel ini bahwa proporsi pupuk subsidi yang didistribusikan di seluruh Indonesia, berbanding positif terhadap produksi padi di daerah/provinsi.

adapun artikel lengkapnya dapat diunduh di link berikut:

Baca Juga  Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Produksi Tanaman Pangan di Provinsi Maluku
  • Unquestionably believe that which you said. Your favorite reason appeared
    to be on the web the easiest factor to consider of. I say to you, I certainly get annoyed whilst folks consider concerns that they
    plainly do not understand about. You managed to hit the
    nail upon the top and also outlined out the entire thing without having
    side-effects , other folks can take a signal. Will probably be back to get more.
    Thank you