Custom Search

Polybag Vs Pot

Polybag dan pot sering digunakan untuk menjadi tempat media tanam. Namun, keduanya tentu saja memiliki perbedaan. berikut beberapa perbedaannya :
Bahan
Bahan polybag seragam, yakni dari plastik. sedangkan pot, bahannya bisa dari semen, plastik, fiberglass, kayu, drum, seng, karet, atau bahkan besi.
Bobot
Bobot polybag ringan, dan dapat dilipat. Sedangkan pot berat dan tidak dapat dilipat.
Bentuk
Bentuk polybag seragam, bentuk pot tidak seragam. Bahkan pot ada yang memiliki bentuk unik sehingga dapat dijadikan sebagai penghias keindahan rumah.
Cara memperoleh
Polybag biasanya sangat mudah didapat. Silahkan datang ke toko pertanian, disana pasti tersedia polybag dan jumlahnya tentu banyak, karena ukurannya yang ringan. Sebalikny, Pot biasanya lebih sulit didapat. Apalagi biasanya design potnya harus sesuai dengan selera pembelina.
Lainnya
Sebagai proses penanaman, polybag memiliki keunggulan seperti sistem aerasi, sistem sirkulasi, dan sistem drainase yang lebih baik dibandingkan pot. 
Dari perbedaan tersebut, polybag sangat baik jika akan menanam tanaman sayuran dalam jumlah yang cukup banya. Sedangkan pot lebih cocok untuk tanaman hias sebagai pelengkap keindahan taman atau pekarangan. Namun, lebih baik lagi jika kita memanfaatkannya dengan bijak seperti tidak membuang sembarangan polybag yang telah dipakai, atau menggunakan lagi polybag dari tanaman yang sudah selesai masa tanamnya. Ini dilakukan untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik.
Memilih Polybag
Sebelum melakukan penyemaian, pilihlah polybag sesuai dengan kondisi tanaman. Contohnya saja jika anda ingin menanam cabai, maka gunakannlah polybag ukuran 55 cm x 40 cm x 0.11 mm. Mengapa harus memilih polybag terlebih dahulu? Hal ini dikarenakan pplybag merupakan tempat akar berkembang dan mengambil unsur hara di dalam tanah yang dibatasi oleh polybag. Sehingga kita perlu memberikan ruang yang cukup agar tanaman bisa berkembang secara optimal.
Selain memilih ukuran, polybag juga harus diperhitungkan ketahanannya. Terutama tanaman yang nantinya sering dipindah-pindah. Hal ini guna menghindari kerusakan/robek pada dinding polybag.
 
Selamat Bertanam…
 
Baca Juga  Multidimensional Scaling Part 2