Custom Search

Macam Pestisida Nabati

Pestisida nabati dilihat dari sasaran hama dan penyakit, dapat dibagi dari beberapa kelompok, yaitu :
 
Kelompok Tumbuhan Insektisida Nabati
kelompok tumbuhan yang menghasilkan pestisida pengendali hama insekta, contoh : tanaman piretrium, aglaia, babadotan, bengkuang, bitung, jeringau, saga, serai, sirsak, dan srikaya
Kelompok Tumbuhan Antraktan atau Pemikat
kelompok tumbuhan yang menghasilkan bahan kimia menyerupai feromon seks pada serangga betina. Bahan kimia tersebut dapat menarik serangga jantan, khususnya hama lalat buah. Contoh dari tumbuhan ini adalah daun selasih
Kelompok Tumbuhan Rodentisida Nabati
menghasilkan pestisida pengendali hama rodentia. Cara kerja tanaman ini adalah dengan meracuni organisme pengganggu tanaman tersebut (OPT). dua jenis tumbuhan yang sering digunakan adalah jenis gadung KB dan gadung racun.
Kelompok Tumbuhan Moluskisida
menghasilkan pestisida pengendali hama moluska. beberapa tanaman yang dapat menimbulkan pengarus moluskisida antara lain daun sembung, akar tuba, daun patah tulang, dan kacang babi.
Kelompok Tumbuhan Pestisida Serbaguna
jenis tumbuhan ini tidak hanya menjadi pestisida satu jenis saja, melainkan bisa berfungsi sebagai fungisisda, bakterisida, moluskisida, nematisida, dan lainnya. contoh dari tumbuhan ini adalah jambu mete, lada, mimba, mindi, tembakau, dan cengkih.
Baca Juga  Bahaya Ulat Grayak