Custom Search

Pestisida Nabati : Daun Serai

Sesuai dengan namanya, pestisida nabati memiliki pengertian bahwa bahan aktiv dari pestisida ini berasal alami dari tumbuhan. Hal ini menyebabkan pestisida ini ramah terhadap lingkungan dan tidak mengganggu kesehatan manusia dalam jangka waktu yang panjang atau pendek seperti yang menjadi kelemahan pestisida sintesis.
Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai pestisida nabati. yaitu serai atau Andropogon nardus.
Siapa yang tidak mengenal daun serai? Tanaman ini sangat akrab dengan dapur sebagai salah satu bahan untuk melezatkan masakan. Selain itu, sifat tanaman yang mudah dikembangbiakan menjadi salah satu keunggulan dari tanaman ini. Serai bisa bertahan di tanah yang kering dan panas. Tidak perlu perawatan khusus untuk menanam tanaman serai ini.
Tanaman serai, selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, juga berpotensi sebagai pestisida nabati. Daun dan batangnya dihaluskan dan dicampurkan dengan air. Tidak ada takaran khusus untuk serai ini, semakin pekat maka pestisida nabati ini semakin baik. Pestisida serai ini dapat digunakan atau diaplikasikan langsung untuk mengendalikan hama ulat dan kutu daun.
 
Selain itu, bau tanaman serai ternyata tidak disukai oleh tikus. Maka tanaman serai ini juga cocok ditanam di pojok-pojok sawah untuk mengendalikan hama tikus. 
Selain bermanfaat untuk dapur, serai juga bisa dijual jika ternyata hasilnya banyak.
Selamat Mencoba..
Baca Juga  Cara Kerja Pestisida Nabati