Custom Search

Membuat Formula Pestisida Nabati

Jika sebelumnya saya memberikan satu jenis tanaman untuk membuat pestisida nabati, sekarang saya mencoba untuk berbagi cara membuat formula pestisida nabati. Informasi ini saya dapatkan dari sebuah buku yang berjudul Petunjuk Praktis Membuat Pestisida Organik. Bukan saya yang mengarang buku ini, melainkan Meidiantie Soenandar, dkk. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai pestisida nabati atau organik, silahkan anda membeli buku tersebut. Setelah membaca buku itu, saya juga sudah mempraktekkan dan ternyata alhamdulillah berhasil.

 Langsung saja cara membuat formula pestida nabati untuk mengendalikan ulat dan kutu daun pada tanaman hias, hortikultura, dan pangan.
Bahan:
1 Kg serbuk biji mimba
1 Kg serai
1 Kg lengkuas
10 liter air
Alat :
Pisau, blender, saringan, ember, sprayer ukuran 10-14 liter.
 
Cara membuat:
  1. potong kecil-kecil lengkuas dan serai, lalu haluskan menggunkan blender. jika tidak ada blender, tumbuk saja sampai halus.
  2. masukkan serbuk biji mimba serta serai dan lengkuas halus ke dalam ember yang berisi 10 liter air. aduk rata.
  3. masak larutan tersebut diatas api, tetapi jangan sampai mendidih. dinginkan dan saring.
  4. larutan hasil saringan dapat digunakan untuk mengendalikan hama ulat atau kutu daun pada tanaman. sementara, ampas sisa saringan dapat digunakan untuk pupuk.
 Cara pengaplikasian : Encerkan 500 ml larutan dengan 10 – 14 liter air (ukuran satu tangki alat semprot). semprotkan pestisida nabati tersebut di lahan pertanaman seluas 250 m2.
Baca Juga  Bahaya Karbofuran