Custom Search

Vertiminaponik

Vertiminaponik merupakan sistem yang memodifikasikan aquaponik dengan budidaya ikan dan sayuran sekaligus, sehingga cocok dengan kondisi perkotaan yang lahannya terbatas. Ikan yang dapat dipelihara melalui teknologi ini adalah semua ikan air tawar terutama ikan yang tidak membutuhkan ketersediaan oksigen dalam air yang tinggi seperti lele, bawal, nila, dan lain-lain. Sistem ini memanfaatkan kotoran ikan sebagai bahan organik atau sumber hara bagi sayuran yang ditanam, sedangkan sayuran tersebut juga berfungsi
sebagai penyaring air yang dibutuhkan dibutuhkan oleh ikan yang dipelihara.
Sistem vertiminaponik dapat dijelaskan melalui gambar disamping. Air di dalam tangki air dialirkan ke tempat tanaman sebagai bahan hara bagi tanaman sekaligus penyaring air. Lapisan pertama pada tempat tanaman tersebut adalah kerikil. Kerikil ini harus bersih agar saluran air berjalan lancar. Fungsi kerikil pada tanaman ini adalah agar aliran air dapat berjalan lancar karena kerikil akan menciptakan rongga pada media tanaman. Media tanam dilindungi oleh kain kassa agar tidak ikut larut dengan aliran air ke dalam tangki air. Media tanam dibuat dari campuran batu zeolit ukuran 3, dengan vermikompos dengan perbandingan 1,5 batu zeolit : 1 vermikompos. Lapisan media tanam di dalam kain kassa tersebut terdiri dari dua lapisan. Lapisan pertama pada dasar kain kassa adalah lapisan batu zeolit ukuran 3 setinggi sekitar 3 cm. lapisan ini berfungsi untuk mencegah larutnya vermikompos ke dalam aliran air. Lapisan berikutnya adalah lapisan media tanam.
Kegiatan ini dilakukan di BPTP Jakarta.

 

 

Baca Juga  Macam Pestisida Nabati
  • don

    Mas Agung< dimana alamat yang bisa saya hubungi, untuk ikut pelatihan membuat vertiminaponik
    Terimakasih
    toto ferdinand-depok

  • sama-sama pak.
    Tinggi air di setting sebatas lapisan pertama saja (batu split/kerikil) agar tanaman bisa tumbuh optimal.

    Terima Kasih

  • Anonymous

    Mas, terima kasih atas balasanya. Mau tanya lagi, berapa tinggi air di talang? apa cukup sebatas tinggi split zeolit atau sampai lapisan tengah?
    Thanks.
    Aris-Depok

  • Tinggi masing masing lapisan. lapisan pertama yakni batu kerikil. hanya satu lapisan batu kerikil tersebut saja yang penting merata. sebagai gambaran ukuran kerikilnya adalah kerikil yang biasa dibuat untuk jalan aspal. kira-kira seukuran itu.
    Lapisan kedua batu zeolit ukuran 3. tingginya kira-kira 3 cm dan merata. kemudian lapisan terakhir campuran batu zeolit dan vermikompos. diisi hingga penuh.

    bisa juga diberi pipa pvc ukuran 1/2 inchi membujur dari ujung talang satu keujung lainnya. fungsinya untuk memperlancar aliran air.

    Betul. secara keseluruhan ada 3 lapisan. lapisan kerikil, lapisan batu zeolit, dan lapisan campuran batu zeolit + vermikompos. lapisan kedua dan ketiga ada di dalam kain kassa.

    Terima Kasih.

  • Anonymous

    mas, boleh tahu tinggi masing-masing layer kah? perlu dikasih pipa pvc jg di paling bawah kah? btw lapisan dasar split zeolit, lapisan tengah zeoilit 3ml dan bagian atas zeolit campur kompos yah?
    thanks.
    aris, depok